SEBAGAI upaya mengurangi penyebaran virus Covid 19, BPJS Kesehatan sebagai badan yang menyelenggarakan program JKN-KIS melakukan beberapa inovasi. Selain CHIKA dan VIKA yang memudahkan peserta dalam memperoleh layanan administrasi di kantor cabang, BPJS Kesehatan juga menciptakan inovasi baru untuk memudahkan peserta memperoleh pelayanan kesehatan tanpa perlu melakukan kontak langsung.
Inovasi tersebut dibuat dalam bentuk fitur Konsultasi Dokter di aplikasi Mobile JKN. Dengan fitur menu tersebut peserta dapat berkomunikasi dengan dokter di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tanpa melakukan kontak langsung sehingga dapat mengurangi penyebaran virus dan penyakit menular lainnya.
Kepala Bidang Penjaminan dan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Batam Yusrianto mengatakan, baru-baru ini fitur tersebut sudah diaplikasikan di FKTP mitra BPJS Kesehatan.
“Fitur sudah diaplikasikan di beberapa FKTP, yang lain segera menyusul mengingat sangat banyak manfaat yang didapatkan dari fitur ini,” kata Yusrianto dalam keterangan yang diterima Sabtu (15/4).
Fitur tersebut memberikan kemudahan bagi peserta untuk mendapatkan profil FKTP dan dokter secara lengkap. Setelah itu, peserta dapat memberikan rating kepada dokter setelah melakukan konsultasi melalui chat.
Menurut Yusrianto, tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta, fitur tersebut juga memudahkan dokter untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.
“Peserta dapat melakukan konsultasi melalui chat, dokter juga sekaligus bisa memberikan edukasi kepada pasiennya,” kata Yusrianto.
Penambahan fitur Konsultasi Dokter pada aplikasi Mobile JKN ini diharapkan benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh peserta. Sehingga peserta yang hanya ingin melakukan konsultasi tidak perlu datang ke FKTP dan cukup di rumah saja.
“Kami berupaya untuk memberikan kemudahan bagi peserta sekaligus membantu pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus ini dengan berbagai inovasi dan teknologi,” ungkap Yusrianto.
*(Bob/GoWestId)