Hubungi kami di

Kota Kita

Ansar Dorong Bupati/Wali Kota di Kepri Gunakan Kendaraan Listrik

Terbit

|

Ilustrasi: Kendaraan listrik. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mendorong bupati/wali kota mulai tahun depan menggunakan kendaraan listrik untuk menurunkan emisi karbon. F. Dok. Istimewa

MULAI tahun depan, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, mendorong bupati/wali kota di Kepri agar beralih menggunakan kendaraan listrik demi menurunkan emisi karbon.

Hal ini disampaikan Ansar dalam Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Senin (20/6/2022).

“Pemerintah berkomitmen menurunkan emisi karbon pada acara Presidensi G20 2022 di Indonesia,” kata Ansar seperti dilansir Republika.co.id dikutip dari Antara.

Menurut Ansar, sejumlah daerah sudah mulai menerapkan kendaraan listrik. Dia mencontohkan, DKI Jakarta. Dari hasil pengamatannya, kendaraan listrik memiliki kemampuan jarak tempuh yang cukup jauh.

BACA JUGA :  91 Kasus Aktif di Kepri, Dinkes Siaga Kenaikan Kasus Covid-19

“Di Jakarta, saya lihat kendaraan listrik sudah bisa ke mana-mana,” ujarnya.

Selain itu, lanjut manta Bupati Bintan dua periode itu, penggunaan kendaraan listrik dapat mewujudkan energi ramah lingkungan, kualitas udara bersih, serta menurunkan emisi gas rumah kaca.

“Di sisi lain, kendaraan listrik berdampak pada penguatan ekonomi nasional melalui pengurangan impor BBM, subsidi BBM, serta penghematan devisa negara,” jelasnya.

Untuk itu, ia turut mendorong pada masing-masing wilayah kabupaten/kota menetapkan proyek percontohan atau pilot project untuk energi hijau.

BACA JUGA :  Kepri Tambah Vaksinator Untuk Kejar Target

Ia mengutarakan energi hijau adalah energi yang berasal dari tanaman hidup (biomassa) yang terdapat di sekitar manusia. Energi itu biasa disebut sebagai bahan bakar hayati atau biofuel.

Energi hijau terdiri dari panas Bumi (geothermal), Matahari, air, biomassa, angin, dan laut. “Untuk di Kota Tanjungpinang, ditetapkan Pulau Penyengat sebagai pilot project energi hijau,” ucap Ansar.

(*)

Gowest.id

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid