Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Awal 2022, Sistem Operasi BlackBerry Resmi Dihentikan

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi, BlackBerry OS, © BlackBerry

SISTEM Operasi BlackBerry pernah menjadi alternatif selain Android dan iOS. Namun lambat laun, pamornya tenggelam karena kalah populer. BlackBerry sendiri pun belakangan beralih ke Android.

BlackBerry sempat memperpanjang dukungan untuk sistem-sistem operasi lawasnya hingga beberapa kali. Tapi kini akhir riwayat mereka sudah ditentukan.

Lewat keterangan di situsnya, BlackBerry sudah menetapkan jadwal, yakni 4 Januari 2022.

Tanggal tersebut menandai end-of-life dari tiga sistem operasi lawas BlackBerry, yakni Blackberry 7.1 OS, Blackberry 10, dan Blackberry PlayBook OS 2.1

“Setelah 4 Januari 2022, perangkat-perangkat yang menjalankan layanan (OS) ini tak akan beroperasi lagi. Layanan kami perpanjang hingga tanggal itu sebagai ungkapan terima kasih kepada mitra dan pelanggan setia kami,” tulis BlackBerry.

Akhir masa dukungan BlacBerry OS akan turut berdampak pada sejumlah layanan lain seperti BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Blend, BlackBerry Protect -kecuali BlackBerry Protect versi baru yang berbasis AI.

Adapun aplikasi pesan instan BBM Enterprise dan BBM Enterprise for Individual Use (BBMe) akan tetap berfungsi dan tersedia di platform lain di luar BlackBerry OS, sebagaimana dikutip dari situs BlackBerry, Selasa (15/9).

Perangkat BlackBerry OS 10 dan BBOS terakhir diproduksi pada 2015.

Pada 2017, BlackBerry memperpanjang masa dukungannya selama dua tahun. Kemudian, pada 2019, masa dukungan diperpanjang lagi, sampai akhirnya akan dihentikan pada 4 Januari 2022 nanti.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook