Hubungi kami di

Ini Batam

Bayi Kembar Siam Zakia Akan Dioperasi Pada Maret 2020

Terbit

|

Bayi Zazkia di RSBP Batam, Foto : © GoWest Indonesia

KEDATANGAN PLT Gubernur Kepri, Isdianto ke Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam, tempat bayi kembar siam, Zakia dirawat, membawa kepastian akan proses pengobatan yang akan dijalaninya. Lampu hijau dalam bentuk pembiayaan operasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri ini, membuat pihak terkait segera bersiap.

Manajer Medis RSBP Batam, Muhammad Yanto menuturkan, pihaknya akan menunggu kesiapan Zakia terlebih dahulu, baru akan melakukan tindakan operasi pemisahan. Kesiapan tersebut meliputi, usia, berat badan, dan kandungan hemoglobin Zakia.

BACA JUGA :  Goro Bersihkan Material Longsor, Warga Berharap Pemerintah Segera Wujudkan Janjinya

“Kita akan mengikuti Rule of Ten, artinya menunggu berat badan 10 pound (6,5 Kg), umur 10 minggu, hemoglobin 10. Kalau sudah terpenuhi akan dilakukan operasi,” kata Yanto.

Saat ini, kondisi Zakia yang masih berumur 41 hari tengah dalam keadaan baik, walaupun memang berat badannya baru berada di angka 4,1 Kg, belum mencapai Rule of Ten yang disyaratkan untuk dilakukan operasi.

BACA JUGA :  Atraksi Barongsai Meriahkan Semarak Imlek Di Harris Resort Barelang

Proses operasi sendiri diperkiraan baru bisa dilaksanakan pada bulan Maret 2020 mendatang. Saat itu, kondisi Zakia diperkirakan akan optimal.

Nantinya, akan ada tiga tim yang terlibat dalam operasi ini. Diantaranya tim dari RSBP Batam, RS Soetomo Surabaya, dan tim kembar siam Kepri. Tim gabungan ini akan melakukan pemisahan dengan upaya mempertahan satu bayi. Kondisi ini dilakukan mengingat Zakia hanya memiliki satu jantung.

*(bob/GoWestId)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid