Hubungi kami di

Histori

Bung Karno, Razia, Pasukan Cakrabirawa dan Puntung Rokok

Adam

Terbit

|

PRESIDEN RI Pertama Soekarno dikenal sebagai orang yang mencintai keindahan dan seni. Tak hanya itu, dia juga dikenal orang terdekatnya sangat peduli kebersihan loh.

Dalam buku Sewindu Bersama Bung Karno, ajudan Soekarno bernama Mayor Bambang Widjanarko menceritakan, saat sedang berjalan-jalan di Istana, Presiden Soekarno tak sengaja menemukan puntung rokok di dekat pos jaga. Seketika itu juga Bung Karno marah.

“Siapa ini yang tidak menghargai kebersihan istana,” kata Bung Karno.

Presiden Soekarno langsung mengumpulkan pasukan elite Cakrabirawa yang merupakan pasukan kawal presiden. Pasukan Cakrabirawa merupakan pasukan khusus untuk mengawal presiden yang kini namanya jadi pasukan pengamanan presiden (Paspampres).

Dalam razia mendadak itu, Presiden Soekarno mengecek satu-satu, apa merek rokok para pengawalnya. Ternyata setelah diperiksa, tidak ada rokok bermerek sama dengan puntung yang ditemukan Soekarno itu.

BACA JUGA :  5 Jasa Persewaan "Manusia" Yang Aneh

Sang Presiden pun memungut puntung itu sendiri. Tak lupa dia menasihati para pengawal agar menjaga kebersihan istana. Para pengawal pun lega dan tidak ada yang kena hukum.

Bambang Widjanarko menulis, Bung Karno memang sangat memperhatikan kebersihan dan keindahan Istana. Dalam memoarnya Sewindu Bersama Bung Karno, sang ajudan ini menyaksikan Bung Karno hafal seluruh bunga dan tanaman hias di Istana.

Selama delapan tahun mendampingi Soekarno, Bambang mengingat Soekarno sangat dekat dengan para pengawal. Setiap minum kopi pagi-pagi, Soekarno selalu mengajak ajudan serta semua bawahan.

“Canda tawa pasti terjadi setiap pagi di Istana. Tak ada batas antara Bung Karno dengan ajudan dan para pengawalnya,” tulis Bambang.

“Tapi walau dekat, tetap jangan pernah bikin marah Bung Karno dengan buang puntung rokok sembarangan!” tulis Bambang.

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook