Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Digitalisasi Sektor Medis, Kominfo Ingatkan Keamanan Data Pengguna

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi

KESEHATAN dipandang sebagai salah satu sektor yang melakukan digitalisasi secara cepat selama pandemi COVID-19.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo), Mira Tayyiba mengungkapkan bahwa pengembangan ekosistem kesehatan digital penting untuk mendukung akses kesehatan yang merata bagi masyarakat, termasuk untuk mempercepat proses vaksinasi nasional.

Di samping itu, Mira juga mengingatkan kerja sama digital di sekor medis juga perlu memperhatikan empat hal.

“Pertama menghadapi potensi perkembangan teknologi yang massif yang cepat di sektor kesehatan, implementasi teknologi, termasuk AI (Artificial Intelligence), harus mempertimbangkan etika dan bersifat non-diskriminatif,” ujarnya dalam pelucuran aplikasi Good Doctor, awal pekan ini.

BACA JUGA :  Nokia 9110i Berumur 21 Tahun, Jadi Holy Grail Kolektor

Kedua, ia menyatakan bahwa dalam pengelolaan dan pengamanan data pengguna, prinsip perlindungan data pribadi yang taat hukum dan adil harus selalu diterapkan.

“Ketiga, pemanfaatan big data untuk mengembangkan pelayanan kesehatan Indonesia, harus terus dilakukan, tentunya degan mempertimbangkan prinsip-prinsip keamanan data tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan, “Keempat, Bapak Presiden Joko Widodo juga menekankan bahwa transformasi digital Indonesia harus berdasarkan prinsip kedaulatan dan kemandirian digital. Transformasi digital harus menghasilkan win-win solution bagi semua pihak, tanpa terkecuali.”

(*)

Sumber : Uzone 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook