Hubungi kami di

Ini Batam

Dunia Kekurangan Chip, Politeknik Batam Didik SDM yang Jago di Bidang Fabrikasi Chip

Terbit

|

Suasana ruang praktik fabrikasi chip di Politeknik Batam. F rifki/gowest.id

INDUSTRI semikonduktor, khususnya pembuatan chip tengah dibutuhkan dunia. Saat ini, negara-negara di dunia membutuhkan chip untuk beragam peralatan elektronik. Chip mulai langka sejak 5 tahun lalu. Menyadari hal tersebut, Politeknik Batam mengembangkan jurusan D3 manufaktur elektronik yang memprioritaskan pembelajaran semikonduktor untuk generasi muda, khususnya mengenai fabrikasi chip.

“Jadi memang dunia saat ini dipenuhi teknologi digital, misalnya pemrosesan data, sensor, prosesor, semuanya membutuhkan chip. Chip itu ada di semua perangkat digital kita. Ini merupakan pasar besar, sehingga kami bangun kapabilitas di bidang pengembangan chip,” kata Direktur Politeknik Negeri Batam, Uuf Bragjawidagda, Senin (26/9).

Menurutnya, Indonesia merupakan pangsa pasar besar dengan konsumsi chip yang sangat besar. “Mobil listrik itu saja pakai 2 ribu chip. Dengan kebutuhan tersebut, apa kita hanya sebagai pasar saja, atau ikut sebagai pemain. Di Batam sendiri ada industri yang buat chip seperti Infineon dan Excelitas,” tuturnya lagi.

BACA JUGA :  100 Siswa Aktif Ikuti Program Brain Polda Kepri

Uuf menambahkan bahwa mahasiswa yang diedukasi di jurusan D3 manufaktur elektronik ini memang didekasikan mendukung industri semikonduktor. “Ini satu-satunya jurusan yang mempelajari chip di Indonesia. Dan untungnya juga sangat diminati,” jelasnya.

Adapun jurusan yang dipersiapkan Politeknik Batam memang khusus untuk menampung kebutuhan industri yang beragam tipenya di Batam. “Ini saat yang tepat untuk bangun SDM berkualitas di bidang semi konduktor. Ini sesuai jgua dengan tujuan Pemerintah Kota (Pemko) Batam yang selalu mendukung iklim investasi yang kondusif,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Kepri Kolaborasi dengan 3 RS Nasional, Mudahkan Pelayanan Terhadap Penyakit Kronis

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Setdako Batam, Yusfa Hendri mengatakan keberadaan Poltek Batam yang mendukung industri di Batam patut dibanggakan.

“Kita memiliki Poltek Batam, sebuah lembaga pendidikan yang sangat membanggakan. Tidak banyak orang Batam yang tahu bahwa Poltek Batam sudah siapkan prodi yang bisa serap lapangan kerja, seperti pembuatan chip, animasi, dirgantara dan lainnya,” jelasnya.

Apa yang sudah diperbuat Poltek Batam, tidak lain merupakan upaya untuk membuat Indonesia khususnya Batam semakin maju, baik itu SDM-nya maupun iklim dunia usaha (leo).

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid