Hubungi kami di

Khas

Fakta-Fakta Tentang Pohon

Terbit

|

Ilustrasi, pohon

HAMPIR di merata penjuru di planet bumi kita, pasti kita jumpai pohon. Ada banyak spesiesnya. Tapi, tahukah anda fakta-fakta yang ternyata menakjubkan tentang pohon? Kami menyarikan laporan dari DW tentang pohon berikut ini.

Lebih dari 60.000 spesies

Ilustrasi, picture alliance/ wild life

Ada sekitar 3 triliun pohon di planet ini, menurut studi global yang dipimpin oleh peneliti Universitas Yale, termasuk lebih dari 60.000 spesies pohon yang dikenal. Lebih dari setengahnya endemik, artinya hanya ditemukan di satu negara. Brasil, Kolombia, dan Indonesia adalah rumah bagi spesies pohon terbanyak. Namun saat ini terdapat 46% lebih sedikit pohon dibandingkan awal peradaban manusia.

BACA JUGA :  Darurat Virus Corona, Apple Tutup Seluruh Kantor & Toko di Cina

‘Bermigrasi’ untuk hindari perubahan iklim

Ilustrasi, picture alliance/ blickwinkel

Pepohonan jelas tidak dapat berpindah tempat sendiri, tapi pusat populasi mereka dapat bergeser seiring waktu sebagai respons tekanan iklim. Studi yang mengamati 86 spesies pohon antara tahun 1980 – 2015 di AS menemukan bahwa 73% pohon bergerak ke barat, di mana curah hujan meningkat. Yang lain menuju ke kutub untuk menghindari panas. Rata-rata, pepohonan bergerak sekitar 16 kilometer per dekade.

Punya kekuatan untuk penyembuhan

Ilustrasi, picture alliance/ DPA

Pohon dapat mengurangi tingkat stres, membantu manusia merasa lebih bahagia dan lebih sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam, atau bahkan hanya melihat pohon atau bunga lewat jendela, dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi depresi dan kecemasan, bahkan mempercepat pemulihan setelah operasi.

BACA JUGA :  Polda Kepri Gelar Seleksi Kesehatan I Calon Tamtama Polri

Pohon saling ‘berkomunikasi’

Ilustrasi, picture alliance/ All Canada Photo

Hutan punya sistem komunikasi tersendiri – hampir seperti internet bawah tanah yang memungkinkan mereka bertukar nutrisi dan mengirim peringatan tentang kekeringan atau penyakit. Pohon berinteraksi melalui jaringan jamur tanah. Penelitian oleh ahli ekologi Suzanne Simard menunjukkan bahwa pohon birch (foto) dan pohon cemara menggunakan sistem ini untuk saling berkirim air, karbon dan nutrisi.

(*)

Sumber : DW

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid