Hubungi kami di

Histori

“Game Laris Yang Berawal Dari Keputusasaan” | FINAL FANTASY (1987)

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi, Final Fantasy

FINAL Fantasy adalah seri permainan bergaya RPG yang dirancang untuk platform Nintendo Entertainment System. Seri pertama ini dikembangkan oleh Squaresoft (Sekarang Square-Enix) pada 18 Desember 1987 di Jepang yang dikhususkan untuk pasar Amerika Utara, Australia, dan Eropa untuk banyak konsol.

Squaresoft merupakan developer pertama yang memasuki industri game dan membuat game-game RPG sederhana untuk Famicom Disk System (FDS).

FDS adalah sebuah perangkat berbasis disk dan digunakan untuk Family Computer atau Famicom, yang istilah internasionalnya adalah Nintendo Entertainment System.

Dan untuk Final Fantasy, awalnya game ini tercipta karena sebuah keputusasaan, dimana peminat FDS (Famicom Disc System) ini sudah mulai menurun dari tahun ke tahun. Hal ini sangatlah berpengaruh kepada Square, karena terancam akan bangkrut karena mengalami krisis finansial.

Di tengah keputusasaan, seorang desainer Square yaitu Hironobu Sakaguchi bersikeras membuat project berupa game fantasy RPG untuk Famicom dan berbasis Cartridge yang terinsipirasi dari game Dragon Quest milik Enix.

Project ini pun merupakan sebuah tekad “better to try” sebelum akhirnya Sakaguchi berencana untuk pensiun setelah membuat game terakhir ini.

Namun, siapa yang menyangka, game Final Fantasy pertama yang terlahir dari keputusasaan ini menjadi salah satu game tersukses di dunia yang diciptakan oleh Sakaguchi.

Ini merupakan cikal bakal RPG terfenomenal sekaligus sebuah mahakarya Square sampai saat ini.

Melihat hal itu, Sakaguchi pun mengurungkan niatnya untuk pensiun dan melanjutkan menggarap project seri Final Fantasy berikutnya. Game yang awalnya dianggap sebagai game penutup Square pun, ternyata menjadi game pembuka mereka untuk tetap eksis sampai sekarang.

Berkat Final Fantasy I, Square bisa bernafas lega dan melanjutkan “Fantasy” mereka sampai saat ini.

Setelah dirilis, tidak butuh waktu lama untuk Final Fantasy menjadi salah satu game RPG paling berpengaruh di industri game saat itu. Berbeda dengan Final Fantasy yang kita kenal saat ini, seri pertama Final Fantasy ini pun pemain bebas untuk memilih nama karakter dan job hingga equipment yang akan digunakan.

There Is No Final In Your Fantasy

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook