Hubungi kami di

Dunia

Hong Kong Larang Transit Penumpang Dari Indonesia

Terbit

|

Seorang perempuan mengenakan masker wajah di tengah wabah Covid-19, sedang menyortir barang bawaan di Bandara Internasional Hong Kong, China, 20 Oktober 2020 lalu. F. Dok. Tpo.co/REUTERS/Lam Yik

MULAI Minggu (16/1/2022), pihak berwenang Hong Kong melarang transit pendatang/penumpang dari Indonesia bersama 149 negara lainnya. Kebijakan pemerintah Hong Kong tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Juru bicara Bandara Internasional Hong Kong menuturkan 150 negara, termasuk Indonesja merupakan negara yang masuk dalam kategori Grup A atau berisiko tinggi penularan Covid-19.

“Untuk mengendalikan penyebaran varian Omicron yang sangat menular, mulai 16 Januari hingga 15 Februari 2022, layanan transfer/transit penumpang melalui Bandara Internasional Hong Kong untuk setiap orang yang telah tinggal di negara Grup A selama 21 hari terakhir akan ditangguhkan,” bunyi pernyataan bandara Hong Kong,Jumat (14/1).

BACA JUGA :  Satu Pasien Positif COVID-19 Di Tanjungpinang Dinyatakan Sembuh

Selain Indonesia, beberapa negara yang masuk dalam Grup A yakni Australia, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Malaysia, Singapura, Jepang, Vietnam, dan India.

Seperti dilansir CNNIndonesia.com dikutip dari Reuters, aturan itu berlaku ketika Hong Kong tengah menghadapi lonjakan sekitar 50 kasus Covid-10 varian Omicron sejak akhir tahun lalu.

BACA JUGA :  31 Zona Rawan COVID-19 Di Indonesia

Sebelum wabah Omicron menyebar, Hong Kong tak memiliki kasus transmisi lokal Covid-19 selama lebih dari 3 bulan.

Hong Kong memang masih melarang pendatang dari Indonesia masuk sejak Juni 2021 lalu.

Namun, Hong Kong kini juga melarang pendatang dari Indonesia transit di wilayahnya.

Pekan lalu, Hong Kong juga menambah larangan masuk dan transit dari Australia, Kanada, Prancis, India, Pakistan, Filipina, Inggris, dan AS karena alasan serupa.

(*)

sumber: CNNIndonesia.com

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook