Terhubung Dengan Kami

Khas

Jadi Yang Terpanjang, Jembatan Babin Pakai Skema Tahun Jamak

ilham kurnia

Dipublikasi

pada

Ilustrasi jembatan model cable stayed : © designboom.com

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, proyek Jembatan Batam-Bintan (Babin) tengah dalam tahap pematangan detail desain.

Menurut Basuki, detail desainnya sendiri sudah dibuat oleh Pemerintah Kota Batam. Namun demikian, detail desain ini masih membutuhkan penelaahan lebih lanjut.

Pasalnya, Jembatan Babin melintasi laut, jadi harus dikerjakan sangat hati-hati.

“Sekarang sudah ada detail desainnya dari Pemerintah Daerah (Pemda), nanti kami review terlebih dulu karena itu melalui laut jadi kami harus hati-hati,” kata Basuki, di Kementerian PUPR, Jumat (10/1) kemarin.

Untuk merealisasikan jembatan yang dirancang sepanjang 6,79 kilometer tersebut, dibutuhkan dana cukup besar.

Biaya pembangunan jembatan Babin sendiri diperkirakan mencapai Rp 3 triliun hingga Rp 4 triliun dengan skema tahun jamak (multiyears contract).

Ilustrasi jembatan Batam – Bintan, © Kementerian PUPR

Basuki melanjutkan, pembangunan Jembatan Babin tersebut merupakan salah satu program yang dilaksanakan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa pembangunan Jembatan Babin mulai dilakukan pada tahun 2021 mendatang.

Kepastian tersebut disampaikan Jokowi kepada Plt Gubernur Kepulauan Riau Isdianto menjelang kepulangan dirinya ke Jakarta dari Bandara Raden Sadjad, Ranai Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau beberapa hari lalu.

Jadi Yang Terpanjang di Indonesia

JEMBATAN yang rencananya menghubungkan antara Pulau Batam dan Pulau Bintan itu, akan dibangun tahun 2021 mendatang.

Peta pulau Batam dan Pulau Bintan, ist.

Dirancang sepanjang 6,79 kilometer, jembatan itu diprediksi bakal jadi yang terpanjang di Indonesia jika selesai nantinya.

Saat ini jembatan terpanjang yang sudah berdiri tegak di wilayah NKRI adalah Jembatan Suramadu.

Mega struktur tersebut menghubungkan antara Surabaya dengan Madura dengan total jarak 5,43 kilometer.

Berbeda dengan Suramadu yang hanya menyambungkan dua daratan, jembatan Batam-Bintan (Babin) akan melewati empat pulau, yaitu Tanjung Taluk, Pulau Ngenang, Tanjung Sauh, dan Lobam.

Ilustrasi, ist.

Memperkirakan bentuk struktur, tampaknya jembatan Bintan juga akan dibangun tinggi di atas permukaan laut. Pasalnya daerah di sekitar area pembangunan merupakan wilayah pelayaran.

Itulah yang juga terjadi pada Suramadu. Jembatan tersebut ditinggikan hingga 35 meter di atas permukaan laut. Hal itulah yang membuat pembangunan jembatan menjadi relatif mahal.

Dari sisi pembiayaan, Jembatan Babin tampaknya akan mirip dengan Suramadu.

Mengutip CNN Indonesia, pembangunan Suramadu kala itu menelan biaya investasi sebesar Rp 5,4 triliun. Namun 46% di antaranya didapat dari utang kepada pemerintah China.

Sedangkan sisanya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2003-2008. Hal tersebut disampaikan oleh Basuki, Sabtu (27/10/2018).

Dengan adanya jembatan Babin, transportasi menuju atau dari Pulau Bintan yang semakin lancar, diharapkan dapat meningkatkan aktivitas pariwisata.

Pasalnya Pulau Bintan merupakan tujuan wisata yang cukup ternama di kawasan Kepulauan Riau dan sekitarnya. Apalagi bila lalu lintas di jembatan tersebut tidak dipungut biaya.

Dengan ini, potensi ekonomi di Batam bisa semakin dimaksimalkan. Karena kemungkinan besar wisatawan asal Singapura dan Malaysia akan melewati Batam terlebih dahulu sebelum mengarah ke Bintan.

———————–

Sumber : KOMPAS / CNN INDONESIA / CNBC INDONESIA

Klik untuk memberi komentar

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Histori3 jam lalu

Sejarah Pengelolaan Air Bersih di Batam (2) | KONSESI MODAL ASING & DAM BALOI YANG MERANA

SEJALAN dengan perkembangan Batam di dekade 90-an, kota ini dituntut untuk mampu menyediakan air bersih dengan kualitas yang baik. Terutama...

Histori8 jam lalu

Sejarah Pengelolaan Air Bersih Di Batam (1) | WADUK-WADUK & DURIANGKANG YANG FENOMENAL

SAAT mulai ditangani oleh PT. ATB pada tahun 1995, Otorita Batam sebenarnya telah memiliki aset waduk yang telah beroperasi. Tercatat...

NGOBROL EVERYWHERE4 hari lalu

MENEROKA ASA PARIWISATA KITA | NGOBROL EVERYWHERE (FULL)

ADA lima atraksi wisata di Provinsi Kepri masuk dalam kalender acara atau Calender of Event (CoE) Pariwisata Indonesia yang ditetapkan...

NGOBROL EVERYWHERE5 hari lalu

MENEROKA ASA PARIWISATA KITA (Behind The Scene) | NGOBROL EVERYWHERE

ComingSoonSenin20012020 ADA lima atraksi wisata di Provinsi Kepri masuk dalam kalender acara atau Calender of Event (CoE) Pariwisata Indonesia yang...

Makan Enak5 hari lalu

Makan Ketam Mak Biyah | MAKAN ENAK!

KETAM atau rajungan atau kepiting merupakan biota laut yang sering diolah menjadi sajian lezat oleh masyarakat Kepulauan Riau. Hewan laut...

Jalan-Jalan Plesir6 hari lalu

Jalan-Jalan di JALAN LEBAR BATAM

SEJAK 2016, infrastruktur jalan di kota Batam mulai membaik. Ruas-ruas jalan utama yang berpotensi menyebabkan kemacetan, kini sudah semakin melebar....

Histori7 hari lalu

Perkembangan Doktrin Hukum Laut | SIAPA BERHAK ATAS LAUTAN?

SEJARAH telah membuktikan, bahkan hingga saat ini. Laut memiliki banyak fungsi strategis yang mendorong penguasaan & pemanfaatan oleh masing-masing negara...

Pop & Roll7 hari lalu

Pornhub Digugat Pria Tuli Karena Tak Ada Subtitle

SEORANG pria bernama Yaroslav Suris, warga Amerika Serikat, telah mengajukan gugatan kepada situs esek-esek Pornhub gara-gara kurangnya subtitle atau terjemahan dalam bentuk...

Pop & Roll7 hari lalu

Ade Irawan Meninggal Dunia

AKTRIS senior Ade Irawan menyusul sang puteri Ria Irawan yang telah meninggal dunia 11 hari yang lalu. Ria Irawan meninggal dunia pada...

Jalan-Jalan Plesir1 minggu lalu

“HIKAYAT SI BADANG” | JELAJAH WISATA KARIMUN (Bagian 2)

BADANG adalah sosok yang sangat terkenal di Tanjung Balai Karimun. Merupakan seorang Hulubalang Kerajaan Riau Lingga yang pada masa hidupnya...