Hubungi kami di

Dunia

Kesehatan Trump Dilaporkan Membaik

Mike Wibisono

Terbit

|

Presiden AS Donald Trump berjalan menuju helikopter Marine One di halaman Gedung Putih, Washington, 2 Oktober 2020, © AFP

KESEHATAN Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang sempat memburuk akibat terpapar virus corona, dilaporkan mulai membaik. Trump saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Militer Walter.

Dikutip dari Reuters, Senin (5/10), tim medis yang merawat Trump memastikan kondisi Trump saat ini mulai membaik.

“Hari ini dia merasa sehat, dia sudah bangun dan berkeliling. Rencana kami hari ini adalah memberinya makan dan minum, bangun dari tempat tidur sebanyak mungkin, untuk bergerak,” kata dr Brian Garibaldi.

Garibaldi mengatakan, selama dirawat di Rumah Sakit Militer Walter, Trump juga diberikan steroid deksametason. Alasan Trump diberi steroid deksametason karena kadar oksigennya sempat menurun.

Berdasarkan sejumlah penelitian, deksametason diklaim dapat meningkatkan kelangsungan hidup pasien COVID-19 dengan kondisi kritis dan membutuhkan tambahan oksigen.

Akan tetapi obat itu tidak boleh diberikan kepada pasien gejala ringan karena dapat membatasi kemampuan tubuh melawan virus corona.

Sementara dr Sean P. Conley mengatakan, Trump juga menerima oksigen tambahan. Termasuk dengan remdesivir.

“Presiden tidak mengalami demam sejak Jumat, meski dia mengalami demam tinggi pada Jumat pagi, fungsi hati serta ginjalnya tetap normal setelah diberikan dosis kedua remdesivir,” kata Conley.

Tim dokter juga menambahkan, Trump diberikan beberapa obat lain seperti regeneron’s REGN-COV2, vitamin D, famotidine, melatonin dan aspirin.

Lebih lanjut, tim dokter mengatakan jika kondisi Trump terus membaik seperti sekarang, dalam waktu dekat dia akan segera dipulangkan dari rumah sakit. Sehingga ia dapat melanjutkan perawatan secara mandiri.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook