Hubungi kami di

Tanah Air

Menkes Target Vaksinasi COVID-19 ke Seluruh Rakyat Mulai April

ilham kurnia

Terbit

|

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

PEMERINTAH menargetkan program vaksinasi COVID-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia dapat dilaksanakan mulai pertengahan April 2021.

Vaksinasi masyarakat umum diberikan setelah pemberian vaksin untuk tenaga kesehatan dan tenaga pelayanan publik.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksin rencananya akan diberikan kepada 70 persen rakyat Indonesia yang jumlahnya 270 juta orang. Sehingga total masyarakat yang akan divaksin adalah 181 juta orang di samping ibu hamil, penyintas COVID-19 dan orang dengan penyakit penyerta.

“Kita dapat target vaksinasi 181 juta orang. Karena masing-masing perlu disuntik dua kali, jadi kita butuh 363 juta dosis vaksin dengan cadangan 15 persen, jadi 426 juta dosis vaksin,” kata Menkes Budi dalam webinar Vaksin COVID-19 untuk Indonesia Bangkit pada Sabtu 30 Januari 2021.

Untuk tahap pertama, vaksin diberikan kepada sekitar 1,5 juta tenaga kesehatan yang telah mulai divaksinasi sejak 13 Januari 2021 lalu. Diharapkan akhir Februari 2021 ini, pemberian vaksin untuk tenaga kesehatan dapat dirampungkan.

Untuk tahap kedua, vaksin COVID-19 diberikan kepada tenaga layanan publik, termasuk TNI dan Polri. Vaksinasi untuk tenaga layanan publik ditargetkan akan dilakukan mulai awal Maret 2021 hingga beberapa bulan ke depan ke seluruh wilayah di Indonesia.

BACA JUGA :  Ledakan di Gereja Oikumene Samarinda

“Satu bulan setelahnya, diharapkan di akhir April atau pertengahan April, kita sudah membuka terhadap seluruh rakyat Indonesia untuk vaksinasi karena kita dikejar secepatnya bisa suntik vaksin ke seluruh Indonesia,” ujar Budi.

“Satu bulan setelahnya, diharapkan di akhir April atau pertengahan April, kita sudah membuka terhadap seluruh rakyat Indonesia untuk vaksinasi karena kita dikejar secepatnya bisa suntik vaksin ke seluruh Indonesia,” ujar Budi.

Ia menjelaskan, sampai saat ini masih belum diketahui berapa lama tingkat kekebalan vaksin bisa bertahan, lantaran belum ada vaksin yang menyelesaikan secara lengkap uji klinis tahap ketiga baik itu vaksin Pfizer, AstraZeneca maupun Sinovac. Namun dia memastikan, vaksinasi ini ditujukan untuk mencapai kekebalan imun atau herd immunity

“Vaksinasi ini tujuannya mencapai kekebalan imunitas, 70 persen rakyat Indonesia di atas 18 tahun diharap memiliki kekebalan karena disuntik vaksin. Dengan demikian laju penularan virus dikurangi dan epidemi bisa diturunkan,” kata Menkes Budi.

(*)

Sumber : Viva 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook