Hubungi kami di

Pendidikan

Minimalisir Siswa Titipan di SMA/SMK, Disdik Kepri Gandeng Ombudsman & Tim Saber Pungli

Terbit

|

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Andi Agung. F. Dok. rri.co.id

DINAS Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggandeng Ombudsman dan Tim Saber Pungutan Liar (Pungli) dalam pengawasan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK di Kepri.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, Andi Agung, mengatakan langkah tersebut sebagai upaya pihaknya untuk mengantisipasi siswa titipan oleh oknum pejabat atau pihak tertentu pada PPDB Tahun Ajaran 2022/2023.

“Pada dasarnya, kami tetap mengacu pada mekanisme PPDB yang berlaku,” kata Andi Agung di Tanjungpinang, dikutip dari Antara, Rabu (15/6/2022).

Ia menegaskan bahwa alur PPDB tingkat SMA/SMK se-Provinsi Kepri tahun ini, berdasarkan ketentuan yang ditetapkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Andi Agung merinci, untuk sistem zonasi 50 persen, afirmasi 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua 5 persen, dan prestasi (nilai rapor, akademik, dan non-akademik) 15 persen.

BACA JUGA :  Raih Opini WTP 10 Kali Beruntun, Pemko Batam Terima Penghargaan dari Menkeu Sri Mulyani

Untuk itu, ia akan menegakkan aturan PPDB tersebut agar tak ada lagi istilah siswa titipan pada satuan pendidikan atau sekolah tertentu. Orang tua calon siswa baru juga diminta mematuhi ketentuan tersebut.

“Kemungkinan itu memang pasti ada (siswa titipan), tapi dengan sistem PPDB online sekarang, kita yakin dapat diminimalisir,” ujarnya.

Dia menambahkan, Disdik Kepri melibatkan Ombudsman dan Tim Saber Pungli dalam pengawasan PPDB untuk mencegah praktik pungli di lingkungan pendidikan saat penerimaan siswa baru.

Bahkan, kata Andi Agung, Tim Saber Pungli sudah keliling ke sekolah-sekolah di tingkat kabupaten/kota untuk melakukan sosialisasi pencegahan pungli dalam PPDB.

BACA JUGA :  Jumlah Total 151 Orang, 3 Juni Bertambah 11 Pasien Positif Covid-19 Kota Batam

“Karimun dan Batam sudah, selanjutnya Tanjungpinang dan Bintan,” sebutnya.

Adapun jadwal pendaftaran PPDB jenjang SMK yakni 18-25 Juni 2022, pengumuman 27 Juni 2022, dan pendaftaran ulang 29 Juni-1 Juli 2022.

Untuk jenjang SMA, pendaftaran jalur prestasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan jalur bahasa tanggal 18-25 Juni 2022, sedangkan pengumuman tanggal 27 Juni 2022.

Sementara pendaftaran jalur zonasi dilaksanakan 28 Juni hingga 2 Juli 2022, pengumuman 4 Juli 2022, sedangkan pendaftaran ulang 6-8 Juli 2022.

Masyarakat bisa mengakses laman web http://sippdb.kepriprov.go.id atau http://kepri.siap-ppdb.com untuk mengetahui jadwal dan alur PPDB tahun ajaran 2022/2023.

(*)

Gowest.id

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid