Hubungi kami di

Ini Batam

Pelabuhan Pengumpan Regional Bengkong Bantu Lancarkan Mobilitas Warga

Terbit

|

Deputi VI Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo. F. dok Kemenko Bidang Perekonomian

ROMBONGAN tim dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian turun ke Batam untuk melihat lokasi yang rencananya akan digunakan sebagai pelabuhan pengumpan regional di Bengkong, Jumat (20/1) lalu.

Deputi VI Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo mengatakan pelabuhan ini telah mendapat persetujuan dari Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

“Pemerintah Provinsi Kepri dan BP Batam harus berkolaborasi dalam mendukung terwujudnya pelabuhan pengumpan regional ini,” ujar Wahyu seperti dilansir dari Batam Pos.

Pemerintah daerah khususnya Pemerintah Kota (Pemko) Batam juga diminta membantu investor mempersiapkan rencana detail pembangunan pelabuhan tersebut.

BACA JUGA :  THM Di Batam Tutup 2 Hari

“Sekali lagi, kami meminta pemerintah daerah untuk mendukung dan memfasilitasi hal yang bersangkutan dengan rencana pelabuhan yang sudah disetujui ini,” ujarnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Junaidi mengatakan pelabuhan pengumpan sangat dibutuhkan, karena dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

”Pelabuhan pengumpan cukup dibutuhkan di Batam. Batam ditunjuk karena memiliki aksesibilitas yang mendukung,” katanya.

Pelabuhan pengumpan regional Bengkong ditujukan untuk melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri, alih muat angkutan laut dalam
negeri dalam jumlah terbatas.

Ini merupakan pengumpan bagi pelabuhan utama dan pelabuhan pengumpul, dan sebagai tempat asai tujuan penumpang atau barang, serta angkutan penyeberangan dengan jangkauan pelayanan antar kabupaten dan kota dalam provinsi.

BACA JUGA :  Raker Evaluasi Capaian Target Unit Kerja Bidang Pengusahaan BP Batam

Manfaat dari pelabuhan ini bertujuan untuk membantu kelancaran distribusi barang dan penumpang, sekaligus meningkatkan perekonomian.

“Kehadiran pelabuhan ini akan mendukung kebutuhan di Batam. Beberapa waktu lalu ada lintasan untuk pelabuhan perintis yang sekarang masih mencari sandaran kapal tersebut, kemarin direkomendasikan di Pelabuhan Sekupang, nanti bisa di pelabuhan Bengkong sesuai dengan fasilitas yang dimiliki,” katanya (leo)

Sumber : Batam Pos

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid