Hubungi kami di

Dunia

Perintah Eksekutif Pertama Biden Usai Dilantik

Mike Wibisono

Terbit

|

PRESIDEN terpilih Amerika Serikat, Joe Biden

PRESIDEN terpilih Amerika Serikat, Joe Biden menjadikan penanganan pandemi virus korona (covid-19) sebagai prioritas utama dalam pemerintahannya. Biden akan mengambil langkah tegas dalam penanganan virus ini.

Perintah eksekutif pertamanya adalah mewajibkan penggunaan masker. Ini melambangkan bahwa pemerintahannya mendukung sains dalam penanganan covid-19.

“Tindkan eksekutif ini akan mengarahkan dewan untuk mengambil tindakan dengan meminta kepatuhan dengan panduan CDC (satgas covid-19) mengenai penggunaan masker dan jarak fisik di gedung federal, di tanah federal dan oleh karyawan dan kontraktor federal,” kata Koordinator Penanganan Covid-19, Jeff Zients.

Dilansir dari CNN, Rabu, 20 Januari 2021, Zients mengatakan perintah eksekutif ini harus dipatuhi mulai dari pejabat negara, pejabat kesehatan masyarakat, pebisnis, hingga warga. “Jaga jarak fisik juga menjadi wajib untuk mengendalikan covid-19,” seru dia.

BACA JUGA :  Jembatan Tertinggi di Dunia Segera Selesai

“Ini bukan pernyataan politik. Namun tentang keluarga kita dan pemulihan ekonomi negara ini,” tegas Zients.

Pendahulu Biden, Donald Trump dengan tegas menolak untuk mengenakan masker di depan umum selama masa kepresidenannya. Ia menjadi contoh bagi pejabat lainnya yang juga enggan menggunakan masker.

Hal ini menyebabkan Gedung Putih sempat menjadi ‘hotspot’ penyebaran infeksi covid-19 di AS. Trump sendiri sempat terinfeksi covid-19, dan dikaitkan dengan acara untuk hakim Mahkamah Agung, Amy Coney Barrett yang dihadiri banyak pejabat dan orang terdekat Trump.

Biden dan wakilnya, Kamala Harris akan mengambil sumpah sebagai presiden dan wakil presiden AS pada hari ini, Rabu, 20 Januari 2021 di Gedung Capitol, Washington DC.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook