Hubungi kami di

Ini Batam

Sudah 5 Orang Gagal Terbang Karena Tak Siapkan Surat Bebas Covid-19

iqbal fadillah

Terbit

|

Direktur BUBU Hang Nadim Batam, Suwarso. Photo : Dok.

DALAM sebulan terakhir, setidaknya ada 5 calon penumpang yang gagal terbang dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam gara-gara tidak mempersiapkan surat keterangan bebas Covid-19. Dari 5 kasus orang yang gagal memenuhi syarat untuk melakukan penerbangan ini, kata Direktur BUBU Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, menyuguhkan alasan yang berbeda-beda.

Ada penumpang yang gagal terbang karena tidak atau belum tahu kalau surat keterangan bebas Covid-19 (PCR atau Rapid Test) menjadi syarat utama untuk bisa terbang. Padahal penumpang tersebut sudah membeli tiket dan datang ke bandara.

Ada juga penumpang yang salah paham dengan masa berlaku surat keterangan bebas Covid-19 ini. Jika surat keterangan tersebut menggunakan pemeriksaan Swab PCR, maka masa berlakunya selama 7 hari. Sementara surat keterangan menggunakan Rapid Test, hanya berlaku tiga hari.

“Ada penumpang yang surat keterangan Rapid Test mereka sudah kedaluwarsa, maka tidak bisa digunakan,” kata Suwarso pada Kamis (25/6).

BACA JUGA :  Polemik Pengerjaan IPAL BP Batam

Kondisi tersebut, lanjut, Suwarso saat ini sudah mulai berkurang, karena masyarakat secara umum sudah mulai mendapatkan informasi secara utuh mengenai persyaratan sebelum mereka melakukan penerbangan.

Sementara untuk kepadatan bandara sendiri, Suwarso menjelaskan saat ini kondisi Bandara Hang Nadim Batam mulai mengalami peningkatan jumlah penumpang. Baik yang keluar maupun yang masuk ke Batam. Dalam 2 minggu terakhir, rata-rata jumlah penumpang yang masuk ke Batam setiap harinya berada di angka 1.300 orang, begitu juga sebaliknya dengan mereka yang keluar ke berbagai daerah.

Seiring dengan peningkatan jumlah penumpang, aktivitas penerbangan juga terus bertamah, dari sebelumnya 11 penerbangan, naik menjadi 17 penerbangan dan saat ini sudah ada 20 penerbangan setiap harinya.

*(Bob/GoWestId)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook