Hubungi kami di

Ide

Survei ; “72% Generasi Z dan Milenial di Asia Pasifik, Bercita-cita Jadi Pengusaha”

Terbit

|

Ilustrasi, generasi Z

SEBUAH perusahaan nutrisi terkemuka di dunia, Herbalife Nutrition, mengungkap temuan dari Survei Pengusaha Muda Asia Pasifik 2021 yang menemukan bahwa 72% Generasi Z dan Milenial di Asia Pasifik bercita-cita untuk memiliki bisnis sendiri.

Survei tersebut menunjukkan bahwa hampir 9 dari 10 (87%) responden percaya bahwa usia terbaik untuk memulai bisnis adalah di bawah usia 40 tahun, dengan identifikasi rata-rata usia terbaik yaitu pada usia 27 tahun.

Herbalife Nutrition melakukan survei terhadap 4.093 orang dalam kelompok Generasi Z dan Milenial (berusia 18 – 40 tahun) untuk memeriksa tren kewirausahaan di delapan negara yaitu Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, dan Vietnam.

“Banyak calon pengusaha yang tergerak oleh prospek untuk mengikuti renjana (passion) mereka, dan keinginan untuk menjadi bos bagi diri mereka sendiri. Mereka melihat masa muda mereka sebagai suatu kekuatan, terutama dalam hal kesadaran teknologi dan memiliki ide-ide segar,” kata Stephen Conchie, Senior Vice President & Managing Director, Asia Pasifik, Herbalife Nutrition.

Namun, keinginan untuk kewirausahaan tidak berarti responden langsung terjun ke dalamnya: rata-rata responden mengatakan mereka percaya bahwa seseorang harus memiliki pengalaman selama lima tahun sebelum memulai bisnis mereka sendiri.

“Sebagian besar responden merasa terintimidasi oleh kurangnya pengalaman mereka, khawatir tentang biaya perintisan usaha, serta pengetahuan keuangan dan pasar yang dibutuhkan. Itulah sebabnya penting untuk mempelajari dasar-dasar bisnis yang baik; memiliki mentor, sumber daya yang tepat, dan komunitas yang mendukung untuk membantu wirausahawan pemula agar dapat menghindari ketidakpastian di masa mendatang dengan lebih baik. Langkah-langkah penting ini dapat meningkatkan peluang keberhasilan mereka,” tambah Conchie.

BACA JUGA :  Gojek Segera Akhiri Era "Bakar Uang"

Calon pengusaha muda percaya bahwa usia mereka akan membantu meningkatkan peluang mereka untuk mencapai kesuksesan bisnis

87% responden percaya bahwa waktu terbaik untuk memulai bisnis adalah ketika mereka masih berusia di bawah 40 tahun, dengan rata-rata usia prima untuk memulai bisnis yaitu pada usia 27 tahun. Selain itu, 54% responden percaya bahwa usia mereka akan membantu meningkatkan peluang kesuksesan bisnis mereka karena alasan berikut:

  • Saya lebih baik dalam beradaptasi terhadap teknologi baru (61%)
  • Saya cenderung lebih mampu merangkul teknologi baru (51%)
  • Saya memiliki ide-ide segar yang belum dijajaki (44%)
BACA JUGA :  Survei ; Orang Indonesia Sangat Aktif di Instagram & Snapchat!

Alasan utama untuk kewirausahaan 

Ketika ditanya tentang motivasi untuk aspirasi kewirausahaan mereka, ada beberapa alasan utama di antaranya mengikuti renjana mereka (40%), menjadi bos bagi diri mereka sendiri (39%), menginginkan lebih banyak fleksibilitas dalam pekerjaan mereka (37%), mendukung keluarga mereka (36%), dan menginginkan perubahan karier (33%).

Biaya, kurangnya pengetahuan keuangan dan pasar yang menjadi kendala bagi calon wirausaha

Responden mengatakan bahwa tantangan utama untuk memulai bisnis adalah biaya awal (38%) dan kurangnya dukungan pendanaan dan pengetahuan pasar (35%). 68% mengatakan sekarang adalah waktu terbaik untuk memulai bisnis mereka sendiri, tetapi mereka terintimidasi oleh kurangnya pengalaman mereka sendiri (70%) dan merasa terbebani oleh prospek untuk memulai suatu bisnis (77%).

Pelatihan, sumber daya keuangan, dan alat bisnis dapat meningkatkan kesuksesan

Di antara responden yang sudah memulai bisnis mereka sendiri, 63% mengatakan bisnis mereka masih beroperasi selama pandemi. Faktor-faktor yang akan membantu mereka agar menjadi lebih sukses di antaranya lebih banyak pelatihan dan pendidikan (55%), sumber daya keuangan tambahan (52%), dan akses menuju alat bisnis (45%).

(nes)

Sumber : MEDIA OUTREACH

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook