Hubungi kami di

Histori

Tentang ‘Hari Ayah’ | Sejarah & Perayaannya

Terbit

|

Ilustrasi, ist.

HARI Ayah sedunia diperingati setiap tanggal 20 Juni. Tapi tau kah kamu cerita di balik perayaan peran ayah dalam sebuah keluarga.

Mengutip dari Ensiklopedia Britannica, sejarah Hari Ayah Sedunia dimulai dari Amerika Serikat. Saat itu seorang wanita bernama Sonora Smart Dodd dari Spokane, Washington ingin memberikan penghargaan untuk ayahnya, yang merupakan seorang veteran perang sipil.

Ayah Dodd adalah seorang duda yang berhasil membesarkan dirinya dan kelima saudara kandungnya usai sang ibu meninggal dunia saat melahirkan Dodd.

Ide untuk memberikan peringatan Hari Ayah itu pertama kali muncul pada tahun 1909, saat mendengarkan pidato terkait Hari Ibu, yang merupakan hari libur di Amerika Serikat. Para pemimpin agama setempat mendukung gagasan tersebut dan merayakan Hari Ayah pertama pada 19 Juni 1910, bulan ayah Dodd berulang tahun.

Pada 1924, pemerintah AS di bawah pemerintahan Presiden Calvin Coolidge memberikan dukungannya untuk perayaan tersebut. Pada tahun 1966, Presiden Lyndon B. Johnson mengeluarkan proklamasi presiden pertama yang menandai hari Ayah tersebut.

BACA JUGA :  Keheningan Perpustakaan di Tengah Hutan

Pada 1972, Hari Ayah tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari libur nasional di AS yang ditandatangani oleh Presiden Richard Nixon. Kala itu, undang-undang menetapkan hari Minggu ketiga bulan Juni sebagai Hari Ayah.

Perayaan Hari Ayah Sedunia biasa dilakukan dengan pengiriman kartu dan pemberian hadiah kepada ayah, kakek, dan figur ayah lainnya. Ada pula kebiasaan mengenakan mawar merah untuk menunjukkan bahwa ayah mereka masih hidup atau mawar putih untuk menunjukkan bahwa Ayah mereka sudah meninggal.

Sebenarnya tak semua negara merayakan Hari Ayah Sedunia di waktu yang sama. Sejumlah negara bahkan merayakan di berbagai bulan seperti di bulan Maret, Mei, dan Juni. Sementara itu, untuk perayaan Hari Ayah Internasional yang diperingati setiap Hari Minggu ketiga di bulan Juni dilakukan di lebih dari 70 negara di dunia.

Cara Merayakan Hari Ayah Sedunia di Rumah

Ilustrasi, © indiatoday

Mengutip dari laman India Today, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Ayah Sedunia di rumah yang jatuh setiap minggu ketiga bulan Juni, yaitu:

BACA JUGA :  Serba Serbi dan Sejarah All England

1. Memberikan Surprise Tengah Malam

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Ayah Sedunia bisa dilakukan dengan surprise. Berikan sebuah kue atau mendekor rumah bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan.

2. Membuat Kue Bersama

Membuat kue untuk perayaan Hari Ayah Sedunia juga bisa dilakukan. Ada berbagai resep kue yang bisa dicoba bersama dengan Ayahmu selama di rumah.

3. Menonton Film Keluarga Bersama

Di perayaan Hari Ayah Sedunia, menonton film keluarga bisa menjadi opsi lain.

4. Piknik di Halaman Rumah

Di masa pandemi, tentu keluar rumah menjadi salah satu yang harus dibatasi. Namun untuk merayakan Hari Ayah Sedunia ada cara lain yakni melakukan piknik keluarga di halaman belakang rumah sambil menikmati masakan atau menonton film kesukaan keluarga.

(*)

SUMBER : BRITANICA | INDIA TODAY

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook