Hubungi kami di

Pendidikan

4 Mahasiswa UMRAH Tanjungpinang Lolos Program Pertukaran Mahasiswa

Terbit

|

Wakil Rektor II UMRAH Kepri, Tengku Said Raza’i, memberikan pengarahan kepada empat mahasiswa UMRAH yang lolos program pertukaran mahasiswa merdeka. F. Dok. Humas UMRAH Tanjungpinang

WAKIL Rektor II Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Tengku Said Raza’i, mengungkapkan empat mahasiswa UMRAH lolos mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menurut Tengku Said, program yang akan diikuti empat mahasiswa UMRAH tersebut membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran di kampus-kampus manapun di Indonesia sebagai bagian dari upaya penguatan dan atau perluasan kompetensinya.

“Ini salah satu program Kemdikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi untuk mendukung program MBKM,” kata Tengku Said Raza’i di Tanjungpinang, dikutip dari Antara, Minggu (21/8/2022).

BACA JUGA :  Pemkab Natuna Siapkan Bansos Bagi 5.000 Keluarga untuk Tekan Inflasi

Tengku Said mengharapkan melalui program pertukaran mahasiswa merdeka ini, mahasiswa dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta Tanah Air, serta memiliki pemahaman tentang kebhinnekaan dan toleransi.

Adapun tujuan dari program pertukaran mahasiswa merdeka, yaitu mahasiswa akan memiliki pemahaman yang luas tentang keragaman budaya, adat istiadat, suku bangsa, bahasa, dan berbagai potensi kekayaan sumber daya, serta potensi lainnya yang dimiliki oleh bangsa dan negara.

“Hal ini hanya dapat dicapai melalui pertukaran mahasiswa antarkampus, antarwilayah, dan kepulauan melalui kerja sama antarperguruan tinggi di seluruh Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA :  Rahma Usulkan Setiap Kelurahan dan Kecamatan di Tanjungpinang Ada Rumah Restorative Justice

Ia mengatakan bahwa program ini telah memasuki periode kedua. Pendaftaran dimulai pada Maret 2022 dan pengumuman hasil seleksi pada Juni 2022. Pada periode ini, empat mahasiswa UMRAH berhasil lolos pada program tersebut.

“Dua mahasiswa lolos ke Universitas Negeri Semarang yakni Astuti dan Elisabeth Goh. Sedangkan dua mahasiswa lainnya lolos ke Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, yakni Deswita Elisabeth Situmeang dan Siti Maisyita,” sebutnya.

Empat mahasiswa tersebut berasal dari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi UMRAH. Empat mahasiswa itu sudah dilepas secara resmi untuk mengikuti program tersebut.

(*)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid