Hubungi kami di

Resep Makanan

5 Minuman Khas Saat Natal

Mike Wibisono

Terbit

|

ADA beberapa pilihan minuman yang bisa menemani momen penuh kehangatan saat kumpul keluarga di hari Natal.

Paling tidak, ada lima jenis minuman khas Natal populer yang bisa dicoba dibuat sendiri di rumah. Dikutip dari laman beritagar.id, dari negeri asalnya di barat, beberapa di antaranya menggunakan alkohol. Tapi, kita bisa memodifikasinya sesuai selera.

Hot ale flip

Hot ale flip adalah minuman panas yang terdiri dari bir ale, rum atau brandy, sirup gula merah, dan telur. Setelah dimasak jadi satu, hot ale flip disajikan bersama parutan pala.

Bila merasa bir terlalu pahit, bisa menambahkan krim, rempah, atau gula lebih banyak. Tergantung pada jenis bir yang digunakan dan selera masing-masing.

Cokelat panas rasa jeruk

Minuman coklat panas rasa jeruk, bisa dibuat dari cokelat bubuk, cokelat batang yang dicacah, susu cair, susu kental manis, dan wiski atau minuman lain dengan rasa jeruk. Untuk menambah aroma dan warna jeruk, bisa juga menambahkan orange zest, atau bagian terluar dari kulit jeruk.

Cara membuatnya sangat sederhana. Panaskan semua bahan minuman dalam slow cooker dan biarkan sampai semuanya tercampur rata. Bila menggunakan orange zest, Anda perlu menyaring agar kulit jeruknya tak terbawa saat disajikan.

BACA JUGA :  Lumpia Semarang Yang Enak

Ginger mulled wine

Minuman natal lainnya adalah ginger mulled wine. Bahan yang digunakan antara lain anggur merah, sari apel, rempah-rempah, parutan jahe segar, dan kulit jeruk.

Proses pembuatan minuman ini hanyalah mencampurkan semua bahan pada api kecil atau sedang sampai mendidih. Bila sudah matang, saring minuman dari kulit jeruk sebelum dikonsumsi.

Coquito

Coquito merupakan minuman beralkohol berbahan dasar kelapa yang secara tradisional disajikan di Puerto Rico saat Natal dan tahun baru. Minuman ini terdiri dari rum, santan, susu kental manis, vanila, kayu manis, dan cengkeh.

Variasi lain dari coquito adalah rum rasa, krim kelapa, kulit lemon, es krim, jahe, cokelat, kuning telur. Untuk penyajian, coquito ditambah parutan pala atau kayu manis.

Cokelat panas anggur merah

Minuman Coklat panas anggur merah berbahan dasar dark chocolate, cokelat bubuk tanpa pemanis, gula palem, susu cair, bubuk kayu manis, dan anggur merah seperti Merlot, Shiraz, atau Zinfandel.

Kocok cokelat, cokelat bubuk, gula, dan kayu manis bersama-sama dalam panci besar. Saat sudah mendidih, tambahkan susu sambil diaduk perlahan sampai panas dan teksturnya halus. Setelah masak, tambahkan anggur merah dan sedikit bubuk cokelat lagi saat akan disajikan. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook