Hubungi kami di

Ini Batam

Aktivitas Bandara Hang Nadim Batam Menuju Normal

Terbit

|

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso. Photo : GoWest Indonesia

AKTIVITAS Bandara Internasional Hang Nadim Batam mulai membaik. Jumlah kepadatan penumpang dan aktivitas penerbangan sudah mengalami peningkatan dalam beberapa hari belakangan.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara ( BUBU) Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, jumlah penumpang sudah berada di atas seribu orang setiap harinya dalam tiga hari terakhir. Demikian juga dengan penerbangan yang sudah bertambah menjadi 17 penerbangan setiap harinya.

“Perhari sudah di atas seribu orang,” kata Suwarso saat dihubungi pada Sabtu (13/6).

Dari 17 penerbangan setiap hari tersebut, rute Batam-Jakarta masih mendominasi, disusul Medan, Surabaya, Pekan Baru, Letung, Padang, dan Palembang. Adapun maskapai yang melayani penumpang melalui bandara yang terletak di Kecamatan Nongsa ini diantaranya adalah Citilink, Lion Air, Garuda, dan Susi Air.

BACA JUGA :  Waspadai Inflasi Selama Momen Lebaran

“Citilink mendominasi dengan 8 penerbangan sehari, setelah itu Lion Air enam penerbangan, Garuda satu penerbangan dan Susi Air satu penerbangan,” kata Suwarso lagi.

Saat awal dibuka setelah sebelumnya ditutup melalui ketentuan dari Kementerian Perhubungan, penumpang di Bandara Hang Nadim sangat minim. Saat itu, maskapai Garuda Indonesia type B737-800 hanya terdata akan membawa 37 orang penumpang tujuan Jakarta,akhirnya tidak jadi terbang karena tidak ada penumpang yang datang.

BACA JUGA :  Bank Indonesia Paparkan Lima Strategi Pulihkan Ekonomi Kepri

Sedangkan Citilink dengan dua flight pesawat type A320 menuju Jakarta dan Surabaya, masing-masing hanya membawa 5 orang penumpang ke Batam dan 7 orang penumpang yang berangkat ke kedua rute tersebut.

Sementara untuk aturan surat keterangan hasil rapid test atau PCR, pihak bandara masih memberlakukanya, sebab ketentuan itu diatur dari Kementerian Perhubungan.

“Itu aturan penerbangan no 7 tahun 2010 wajib membawa surat keterangan bebas Rapid dan PCR,” kata Suwarso lagi.

*(Bob/GoWestId)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid