Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Apple Integrasikan Shazam ke iOS

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi, iphone iOS 14, © Cnet

APPLE membeli aplikasi pengidentifikasi musik Shazam pada 2018. Sekarang, perusahaan itu mengintegrasikannya ke dalam iOS dengan cara lain.

Fitur itu dapat mengidentifikasi lagu yang diputar di sekitar pengguna dan di aplikasi pada ponsel pengguna.

Shazam mengidentifikasi lagu dengan membuat sidik jari digital unik untuk mencocokkan lagu yang didengar dengan salah satu dari jutaan lagu di database Shazam. Aplikasi ini bahkan berfungsi saat pengguna mendengarkan musik di headphone.

Dilansir dari The Verge, Jumat (18/9) kemarin, fitur ini tersedia sebagai toggle di Control Center, namun memerlukan pengembang beta iOS 14.2 jika pengguna ingin mencobanya sekarang. Toggle itu akan terlihat seperti ikon Shazam kecil.

Pengguna hanya perlu mengetuknya di iPhone untuk mulai mendengarkan.

Pengguna sudah dapat menggunakan Siri untuk memanggil Shazam dan mengidentifikasi lagu-lagu yang diputar di sekitar pengguna.

Namun kemampuan untuk mengidentifikasi musik di aplikasi pengguna juga bisa berguna, jika katakanlah pengguna bertanya-tanya lagu apa yang dipilih pembuat konten untuk TikTok atau video YouTube mereka.

Menariknya, pengguna Android dapat menggunakan Shazam untuk mengidentifikasi musik yang diputar melalui headphone sejak Juni 2019. Tidak jelas mengapa fitur tersebut membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk tiba di iOS.

The Verge belum yakin kapan final iOS 14.2 akan hadir dengan fitur ini. iOS 14 baru saja dirilis beberapa hari yang lalu. Namun dengan iPhone baru yang akan diluncurkan sekitar Oktober, mungkin pengguna akan melihat rilisnya sekitar saat itu.

(*)

Sumber : The Verge

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook