Hubungi kami di

Politika

Gerindra & PKB Resmi Deklarasi Koalisi di Pilpres 2024

Terbit

|

Deklarasi koalisi Partai Gerindra dan PKB di SICC, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). F. Dok. Partai Gerindra

PARTAI Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menandatangani naskah deklarasi koalisi Pemilu 2024, Sabtu (13/8/2022).

Deklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya itu, dilakukan pada penutupan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat.

Deklarasi itu dimulai dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto menandatangani piagam kerja sama politik.

Usai penandatanganan piagam tersebut, Prabowo tampak merangkul Cak Imin hingga keduanya menunjukkan piagam itu kepada peserta Rapimnas.

Setelah penandatanganan, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Waketum Jazilul Fawaid membacakan deklarasi kerja sama. Keduanya pun bergantian membaca deklarasi.

BACA JUGA :  Nasdem Tolak Penundaan Jadwal Pemilu 2024

Deklarasi itu menyebutkan bahwa partai politik Indonesia memiliki kewajiban untuk menjaga kebinekaan dan persatuan. “Maka dari itu kami bertemu, saling bertukar pikiran, dan membangun kerja sama. Kerja sama Partai Kebangkitan Bangsa dan Gerindra dengan sendirinya akan melipatgandakan kekuatan,” ujar Jazilul.

Dalam deklarasi itu juga tertuang lima poin kerja sama yang akan dilakukan kedua partai. Termasuk salah satunya menentukan pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) untuk 2024 mendatang.

“Capres dan cawapres oleh kerja sama PKB dan Gerindra akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina/Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar,” ujar Dasco.

BACA JUGA :  Bawaslu Kepri Ingatkan PNS Jaga Netralitas

“Kesepakatan kerja sama ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan capres-cawapres yang disepakati,” kata Jazilul.

Wacana koalisi dua partai ini di Pilpres 2024 terus menguat dalam beberapa hari terakhir. Wacana ini juga diperkuat dengan isu keduanya bakal berpasangan sebagai capres dan cawapres di 2024 mendatang.

Prabowo sendiri sudah mendeklarasikan diri maju di Pilpres 2024 dan akan diusung Gerindra. Ia menjadi calon tunggal dari Gerindra untuk diusung di 2024.

(*)

Sumber: CNN Indonesia.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid