Hubungi kami di

Budaya

Pantun Dapat Sertifikat Unesco sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia

Terbit

|

Mewakili Gubernur Kepri, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri, Juramadi Esram menerima sertifikat Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia dari Unesco. F. Dok. Dinas Kominfo

PANTUN resmi dapat sertifikat warisan budaya tak benda dunia dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Sertifikat langsung diserahkan Sekjen Kemdikbudristek, Ir Suharti MA, Ph.D di Plaza Insan Berprestasi Gedung A, Kompleks Kemdikbudristek RI, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Sertifikat tersebut diserahkan kepada Gubernur Kepri melalui Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri, Juramadi Esram.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang, Meitya Yulianti, menyampaikan, penetapan pantun sebagai warisan budaya tak benda dunia UNESCO dapat mengenalkan budaya masyarakat Melayu kepada dunia.

BACA JUGA :  Terlapor Kasus Korupsi Dana Hibah Dispora Kepri Kabur Usai Diperiksa Polisi

“Kini pantun tidak lagi sekedar budaya masyarakat Melayu, tapi sudah mendunia. Sudah diakui dunia,” ujarnya.

Dengan diterimanya sertifikat pantun sebagai warisan dunia UNESCO, Meitya berharap budaya pantun lebih meluas lagi, tidak hanya di komunitas pemantun saja.

Kemudian pantun semakin berkembang dan memberikan warna baru bagi tradisi masyarakat internasional.

“Harapan kita budaya berpantun lebih meluas lagi, tidak hanya komunitas pemantun saja, tapi ada juga program untuk pelajar seperti pantun masuk sekolah, berbagai lomba berbalas pantun dari tingkat SD sampai umum,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Kepri Terima Tambahan 12.250 Dosis Vaksin Sinovac

Pada acara tersebut, UNESCO juga memberikan penghargaan kepada Saparilis dan Muhammad Ali Ahmad/Ali Pon sebagai Pemantun Adat Melayu, keduanya sama-sama berasal dari Tanjungpinang, Kepri.

Untuk diketahui UNESCO merupakan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang fokus pada perlindungan situs-situs sejarah dan budaya, yang berkantor pusat di Paris, Prancis.

(*)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid