Hubungi kami di

Hidup Sehat

Jangan Makan Menu Yang Sama Tiap Hari!

Zilfia Sarah

Terbit

|

Ilustrasi : www.soidergi.com

AGAR praktis dan sudah terlanjur suka, kamu mungkin mengonsumsi menu yang sama setiap kali sarapan, makan siang, atau bahkan makan malam. Tapi mengonsumsi makanan yang sama setiap hari justru bisa membahayakan kesehatan kamu.

Mengutip Reader’s Digest, ini lima alasan kamu tidak boleh makan makanan yang sama setiap hari.

Bisa menyebabkan kekurangan gizi

Tubuh membutuhkan berbagai macam makanan, terutama buah-buahan dan sayuran. Mengonsumsi makanan yang sama setiap hari malah bisa menyebabkan kamu kekurangan gizi. Kamu disarankan makan buah dan sayur warna-warni untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari.

Menghambat penurunan berat badan

Sebuah studi di PLOS One menemukan bahwa orang yang makan makanan sehat secara bervariasi lebih mampu menurunkan berat badan dengan cepat, daripada mereka yang mengonsumsi makanan dengan sedikit variasi.

Memengaruhi usia kamu

Dalam penelitian yang diterbitkan di International Journal of Epidemiology, para peneliti melacak kesehatan lebih dari 50.000 perempuan. Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan berbagai macam makanan sehat cenderung hidup lebih lama, daripada perempuan yang makan makanan yang sama setiap hari.

Merusak kesehatan metabolisme

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa mereka yang makan makanan bervariasi berisiko menderita penyakit metabolik yang jauh lebih rendah. Penyakit metabolik dapat menyebabkan penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu, orang-orang yang makan makanan bervariasi mengalami penurunan kolesterol dan memiliki lebih sedikit lemak di perut.

Kelebihan nutrisi tertentu

Jika mengonsumsi terlalu banyak makanan tertentu, kamu mungkin saja terkena penyakit. Terlalu banyak makan kunyit, misalnya. Kebiasaan ini dapat pembekuan darah dan fungsi hati. Atau, makan ikan setiap hari—terutama tuna—bisa bikin kamu keracunan merkuri.

Sebagai variasi, kamu bisa makan ikan rendah merkuri, seperti salmon, makerel, dan ikan teri.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook