Hubungi kami di

Dunia

Jepang Diserang Wabah Hepatitis Misterius | Korbannya Anak-anak

Hepatitis merupakan kondisi peradangan hati. Umumnya hepatitis disebabkan oleh infeksi virus, konsumsi alkohol berlebihan, penggunaan obat tertentu, penyakit autoimun dan infeksi cacing hati.

Terbit

|

Ilustrasi: Virus hepatitis. F. Dok. Indozone.id/Freepik

KEMENTERIAN Kesehatan Jepang melaporkan temuan satu kasus terduga hepatitis misterius akut, dengan gejala seperti ditemukan pada anak-anak di Amerika Serikat, Inggris, dan 10 negara lain. Dugaan kasus ini merupakan kasus pertama di Asia.

Dilansir dari Guardian, sejauh ini sudah ada 190 kasus hepatitis misterius pada anak yang dilaporkan. Wabah menyerang anak berusia antara satu bulan hingga 16 tahun. Sebanyak 140 kasus di antaranya di Eropa dengan mayoritas kasus di Inggris sebanyak 110 kasus. Lebih lanjut lagi, kasus ditemukan di Israel dan Amerika Serikat.

Wabah hepatitis misterius ini membuat 17 anak mengalami kondisi kritis sehingga memerlukan transplantasi hati. Pada Sabtu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan terdapat satu laporan kematian akibat wabah tanpa menyebut detail asal negara pasien.

BACA JUGA :  Dukung PEN, Pemerintah Pererat Hubungan Bilateral dengan Eropa

hepatitis merupakan kondisi peradangan hati. Umumnya hepatitis disebabkan oleh infeksi virus, konsumsi alkohol berlebihan, penggunaan obat tertentu, penyakit autoimun dan infeksi cacing hati. Dalam kasus hepatitis misterius, gejala yang umum dilaporkan berupa penyakit kuning, diare dan sakit perut.

Minggu ini, Jepang mengumumkan seorang anak mengalami hepatitis akut tanpa diketahui penyebabnya. Dilansir dari Nippon, Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan pasien hepatitis akut berusia di bawah 17 tahun dan harus dirawat di rumah sakit.

Otoritas kesehatan Inggris berteori, infeksi adenovirus kemungkinan jadi faktor penyebab wabah hepatitis misterius di Jepang. Dari seluruh kasus di Inggris, setengahnya terkonfirmasi positif adenovirus dan sebagian lainnya positif terinfeksi hepatitis misterius.

BACA JUGA :  Jepang Larang Masuk Traveller Dari 73 Negara, Termasuk Indonesia

Akan tetapi ada kemungkinan mereka terinfeksi tipe baru adenovirus sehingga gejalanya cukup berat. Hanya saja, WHO belum bisa memberikan kejelasan mengenai wabah hepatitis misterius di Jepang ini.

“Ini belum jelas apa ada peningkatan kasus hepatitis atau peningkatan kesadaran kasus hepatitis yang terjadi pada tingkat yang diperkirakan tapi tidak terdeteksi. Sementara adenovirus adalah hipotesis yang mungkin, penyelidikan sedang berlangsung untuk penyebabnya,” tulis pejabat WHO soal wabah hepatitis misterius di Jepang.

(*)

sumber: CNN Indonesia.com

Ilustrasi: Virus hepatitis. F. Dok. Indozone.id/Freepik

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid