Hubungi kami di

Histori

Kota Hantu Yang Tertata Rapi

iqbal fadillah

Terbit

|

PERNAHKAH kamu mendengar kawasan bernama Kitsault  yang terletak di pantai utara dari British Columbia, Kanada? Kawasan  itu sering disebut sebagai kota Hantu oleh beberapa media dan orang-orang yang tinggal di sekitarnya.

Tapi, jangan bayangkan sesuatu yang seram di sana.

Jika kamu  berkesempatan mengunjungi kawasan ini, kamu mungkin akan kaget melihat kondisinya. Tak seperti bayangan kamu, di Kitsault justru kamu akan menemukan barisan rumah yang rapi, pusat perbelanjaan, restoran, bank, pub dan teater. Tapi, semuanya sudah ditinggalkan dan dibiarkan kosong, tak tersentuh tetapi masih tetap bersih.

Di sini, lampu kota selalu menyala, jalan-jalan dipenuhi dengan pohon-pohon yang dipangkas rapi dan rumput pendek yang selalu dipangkas.

Namun, tak seorang pun tinggal di kawasan tersebut sejak 1982!

Foto : © amusingplanet.com

Foto : © amusingplanet.com

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi di Kitsault masa dulu dan masa sekarang? Mengetahui sejarahnya, kamu mungkin akan lebih tertarik mengunjungi Kota Hantu ini.

Kota Kitsault juga dekat dengan perbatasan Alaska, yang terletak sekitar 115 kilometer menyusuri jalan kerikil dari Terrace.

Kawasan ini memiliki eksistensi yang sangat singkat yang dikenal sebagai kawasan komunitas pekerja tambang molibdenum yang dimulai pada 1979.

Molibdenum berbentuk keras, dan sering digunakan untuk memberikan dukungan dan ketahanan korosi properti baja. Tapi tak lama setelah kejayaannya, pasar untuk molibdenum jatuh dan 1200 warga meninggalkan kota itu.

Foto : © amusingplanet.com

Foto : © amusingplanet.com

Molibdenum pertama kali ditambang di sini dari akhir tahun 60-an sampai awal 70-an, tapi lalu berhenti ketika keuntungan tak lagi didapatkan.

Tapi pada akhir dekade, harga meningkat kembali karena banyak deposito molibdenum yang dikenal di Alaska, British Columbia dan barat Amerika Serikat mulai berdatangan. Perusahaan pertambangan Amerika Phelps Dodge pun memanfaatkan kesempatan ini.

Sepetak besar tanah ratusan are disiapkan untuk kota Kitsault, dan proyek pembangunan besar-besaran, pada skala yang belum pernah terlihat di Northern British Columbia dimulai. Kapal tiba dengan pasokan bahan bangunan membangun pasokan ke perairan Kitsault.

Jalan kerikil dari kawasan Terrace buru-buru dibangun melalui pegunungan. Insinyur dan pekerja konstruksi berdatangan dari seluruh Amerika Utara, dengan gaji tinggi.

Lebih dari 100 rumah keluarga tunggal dan kopel dibangun, dan tak ketinggalan tujuh bangunan apartemen dengan lebih dari 200 suite. Ada pula rumah sakit modern dan pusat perbelanjaan, restoran, bank, kantor pos, sebuah pub, kolam renang, perpustakaan, dan dua pusat rekreasi dengan Jacuzzi, sauna dan teater.

Foto : © amusingplanet.com

Foto : © amusingplanet.com

Jalur kabel televisi dan telepon diletakkan di bawah tanah. Tersedia pula pabrik pengolahan limbah dan air mengalir terbersih di provinsi ini. Hampir 18 bulan setelah masyarakat mulai menetap, pasar molibdenum kembali jatuh.

Kali ini disebabkan oleh resesi waktu yang buruk dan kedatangan produk-produk berbasis molibdenum. Tambang ditutup dan orang-orang mulai bergerak keluar dan Kitsault terlupakan.

Pada 2005, pengusaha Amerika, kelahiran India Krishnan Suthanthiran, membeli kota tersebut sebesar 7 juta dolar AS dan mulai mencatat kebangkitannya.

Sejak itu, jutawan telah menggelontorkan sekitar 25.000.000 dolar AS untuk meng-upgrade kota dan pemeliharaan. Kini, lusinan pengurus diturunkan, mereka memeriksa rumah dan struktur lainnya, dan melakukan perbaikan.

Mereka memotong rumput, memangkas pohon-pohon dan menyapu jalan-jalan. Suthanthiran berencana untuk menutup investasinya dengan memutar Kitsault menjadi pusat dari Liquefied Natural Gas (LNG) industri British Columbia.

Masa depan kota ini sekarang tergantung pada keberhasilan proyek LNG tersebut.

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook