Hubungi kami di

Bintan

Memanfaatkan Pekarangan Jadi Lahan Pertanian

ilham kurnia

Terbit

|

Pjs. Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, Sofha Marwah Bahtiar memanen hasil pertanian di UPT Balai Benih Induk Pertanian, Tembeling, Bintan.(Foto Istimewa)

PJS. Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, Sofha Marwah Bahtiar melakukan peninjauan ke perkebunan TP-PKK bertempat di UPT Balai Benih Induk Pertanian, Tembeling, Bintan, Rabu (14/10) kemarin.

Apresiasi di berikan Istri Dirjen Polpum Kemendagri ini kepada PKK Kepri, berkat peran aktif dalam berbagai kegiatan yang memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana pemanfaatan lahan untuk perkebunan.

“Aksi ini harus terus digaungkan secara bersama dan berkesinambungan agar dapat menjadi movitasi bagi masyarakat terutama memanfaatkan lahan di perkarangan rumah,” kata Sofha.

Untuk itu, Sofha meminta kepada seluruh jajaran PKK Kepri agar program pokok ini dapat terus berjalan dengan baik, dengan berkolaborasi dengan pihak terkait lainnya.

“Tentang pemanfaatan pekarangan perkebunan sebagai sumber pangan keluarga, saya mengharapkan dalam mewujudkan pemenuhan pangan dan ekonomi masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan dengan menanam beraneka ragam tanaman,” lanjutnya.

Didampingi Ketua DWP Kepri, Rismarini Arif Fadilllah, rombongan melakukan petik cabe dan panen terong. Dilanjutkan dengan menanam pohon jeruk manis di beberapa titik di halaman perkebunan yang sudah ditanami berbagai tanaman seperti tanaman kacang panjang dan jagung.

Disamping itu, Sofha juga meninjau pembibitan tumbuhan hidroponik di kawasan UPT Balai Benih Induk Pertanian, yang dikemas dalam ruangan sebagai percontohan untuk pengembangan di masyarakat nantinya.

“Kita harus tunjukkan kalau aksi nyata ini bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan di lingkungan  yang kita bina. Harus kita buktikan PKK itu adalah gerakan pemberdayaan masyarakat dimulai dari keluarga kita,” terang Istri Pjs Gubernur Kepri ini.

Sebelum kembali ke kediaman, rombongan melanjutkan peninjuannya Taman Wisata dan lokasi pemancingan di Desa Sri Bintan, Kampung Poyotomo.

Sebagai bentuk ucapan selamat datang, Pengelola Taman Wisata Poyotomo memberikan Sofha Marwah cinderamata berupa tanaman kaktus tiga serangkai. Di sana, pengelola memang sedang mengembangkan tanaman kaktus sebagai andalan di Taman Wisata tersebut.

“Terima kasih ibu oleh-olehnya, sungguh indah dan cantik taman bunganya warna-warni dengan pemandangan gunung di depan itu,” pungkas Sofha sambil menunjukkan Gunung Bintan.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook