Hubungi kami di

Uang

Menteri ESDM: Harusnya Harga Pertalite-Pertamax Rp 30.000 per Liter

Terbit

|

Ilustrasi: Petugas SPBU. Menteri ESDM mengatakan harga BBM seperti Pertalite dan Pertamax seharusnya di atas Rp 30.000 per liter. F. Dok. genmuda.com

LONJAKAN harga minyak dunia yang cukup tinggi sangat mempengaruhi harga keekonomian bahan bakar minyak (BBM), termasuk di Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, menyebutkan harga minyak dunia di atas US$ 100-120 per barel.

Arifin mengatakan, akibat tingginya harga minyak dunia, harga BBM RON 90 maupun RON 92 seperti Pertalite dan Pertamax seharusnya di atas Rp 30.000.

BACA JUGA :  Pertamina Pastikan Tahun 2022 BBM Jenis Pertalite Masih Tersedia di SPBU

“Sekarang ini harga minyak dunia sudah di atas US$ 100-120 per barel. Harga keekonomian BBM RON 90 maupun RON 92, rata-rata di atas Rp 30.000,” ujar Arifin DPPU Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Jumat (24/6) dalam keterangan tertulis dikutip Senin (27/6/2022).

“Kita harus antisipasi ini karena situasi krisis energi tidak bisa diramalkan selesai tahun ini atau lebih lama lagi,” sambungnya.

BACA JUGA :  Pemerintah Belum Hapus Premium Di Pasaran

Selanjutnya, ia membandingkan dengan harga BBM di Indonesia yang jauh lebih murah. Dia menyebutkan, Pertalite (RON 90) dijual Rp 7.650, Pertamax (RON 92)  dijual Rp 12.500.

“Makanya, kita perlu mengingatkan ke masyarakat agar menggunakan BBM seefisien mungkin. Ini berdampak pada (membengkaknya) alokasi subsidi,” bebernya.

(*)

sumber: detik.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid