Hubungi kami di

Momen

MILENIAL DAN BUDAYA LELUHUR | KEBANGGAAN PAKAI BATIK

Terbit

|

Photo : © Beplus Indonesia/ GoWestID

SEBUTAN generasi millennial sedang akrab terdengar beberapa tahun ini. Awalnya berasal dari istilah ‘millennials’ yang dipopulerkan oleh dua pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa bukunya. 

 Mereka menyebutnya Millennial generation atau generasi Y. Akrab juga disebut generation me atau echo boomers. Secara harfiah memang tidak ada demografi khusus dalam menentukan kelompok generasi yang satu ini. 

Namun, para pakar menggolongkannya berdasarkan tahun awal dan akhir. Penggolongan generasi Y terbentuk bagi mereka yang lahir pada 1980 – 1990, atau pada awal 2000, dan seterusnya.

BACA JUGA :  Bahagia Bersama Sahabat | 1st Anniversary Sahabat Daihatsu Batam

Generasi milenial biasanya akrab dengan teknologi dalam keseharian yang bersifat kekinian. Terutama yang berhubungan dengan internet.
 
Teknologi juga membuat para generasi internet tersebut mengandalkan media sosial sebagai tempat mendapatkan informasi. Saat ini, media sosial telah menjadi platform pelaporan dan sumber berita utama bagi masyarakat termasuk para generasi milenialnya.

Gaya hidup dan cara pandang terhadap sesuatu hal, akhirnya juga berimbas pada aktifitas para milenial yang bersentuhan dengan teknologi dan kemudian menjadi sebuah budaya baru.

Bagaimana dengan budaya lama, tradisi leluhur?

Photo : © Beplus Indonesia/ GoWestID

Tak diragukan lagi, Indonesia adalah bangsa yang kaya akan budaya. Ada ratusan bahkan mungkin ribuan, baik budaya yang berupa benda maupun tak benda yang perlu terus perlu dilestarikan secara estafet. Apakah generasi milenial masih memperhatikan hal ini?

BACA JUGA :  Sebanyak 243 Guru di Kepri Dilantik Jadi P3K Tahap II

Tim kami menemui salah seorang generasi milenial di Batam yang sarat prestasi, Luhung Kawuryaning Pertiwi. Luhung juga menyandang predikat Duta Wisata Kota Batam tahun 2021 ini.

Bagaimana ia melihat budaya leluhur, tradisi dan simbol-simbolnya?

Photo : © Beplus Indonesia/ GoWestID

Apakah Luhung dan rekan-rekan generasi milenial lainnya masih bangga mengenakan batik yang merupakan salah satu warisan budaya leluhur?

Photo : © Beplus Indonesia/ GoWestID

Kami merangkumnya di program BUAL BUAL. Produksi kolaborasi bersama Beplus Indonesia.

(*/nes)

Photo : © Beplus Indonesia/ GoWestID
Photo : © Beplus Indonesia/ GoWestID
Photo : © Beplus Indonesia/ GoWestID
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid