Hubungi kami di

Politika

Prabowo, Ganjar dan Anies Berada di 3 Besar | Hasil Survei Capres 2024 SMRC

Terbit

|

Ilustrasi. Foto: @Merdeka.com

HASIL survei dari lembaga Saiful Mujani Research and Consultant (SMRC) menyatakan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih berada di posisi teratas dengan 18,1 persen terkait calon presiden 2024.

Survei dilakukan dengan simulasi pilihan semi terbuka.

“Dalam format pertanyaan semi terbuka dengan daftar 42 nama, Prabowo mendapat dukungan 18,1 persen,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (7/10) malam.

Dari survei tersebut, posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan tingkat elektabilitas 15,8 persen, disusul nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 11,1 persen.

BACA JUGA :  Pulau Tapai Yang Mempesona di Bintan

Sementara, di posisi berikutnya ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 4,8 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,6 persen.

Kendati demikian, menurut Deni, dukungan publik pada Prabowo untuk menjadi presiden mengalami penurunan. Sementara dukungan terhadap Ganjar dan Anies justru meningkat.

Menurut Deni, sejak Maret 2020 ke September 2021, dukungan kepada Ganjar dalam simulasi semi terbuka naik dari 6,9 persen menjadi 15,8 persen. Kemudian, dukungan untuk Anies sedikit naik dari 10,1 persen menjadi 11,1 persen.

BACA JUGA :  Main Game Di Tempat Gelap? Resiko Hampir Buta!

“Sementara dukungan kepada Prabowo Subianto cenderung melemah dari 19,5 persen menjadi 18,1 persen,” ujarnya.

Survei SMRC ini berlangsung pada 15-21 September 2021. Survei melibatkan 981 responden secara acak (multistage random sampling) dengan margin of error sebesar 3,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

*(zhr/GoWest)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook