Hubungi kami di

Tanah Air

RS Diminta Terapkan Standar Pemerintah dalam Merawat Pasien Covid-19

ilham kurnia

Terbit

|

JURU Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, © Antara

JURU Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta seluruh rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 sesuai standar pemerintah.

Dengan demikian, tidak ada biaya pasien Covid-19 yang tidak bisa diklaim dan ditanggung pemerintah.

“Jangan sampai ada rumah sakit yang merekomendasikan perawatan di luar standar yang ditanggung oleh pemerintah. Oleh karena itu diimbau seluruh rumah sakit untuk mengevaluasi pelayanan yang dilakukan selama ini,” kata Wiku lewat keterangan tertulis, Jumat (2/10).

“Caranya dengan merujuk kepada algoritma tata laksana Covid-19 yang telah disetujui Kementerian Kesehatan dan disusun oleh lima perhimpunan profesi dokter di Indonesia yaitu PDPI, PAPDI, IDAI, PERDATIN, PERKI,” lanjut dia.

Wiku pun mengimbau rumah sakit yang standar pelayanannya berbeda dengan pemerintah dalam merawat pasien Covid-19 segera melakukan perbaikan sesuai standar yang telah ditetapkan.

Dengan demikian, tidak membebani pasien lagi dengan pembiayaan-pembiayaan yang tidak seharusnya ditagihkan.

Ia menambahkan, sudah seharusnya rumah sakit dibantu oleh pemerintah, dapat memberikan rasa aman bagi para pasien agar tidak muncul keraguan untuk melakukan perawatan yang dibutuhkan di masa sulit seperti ini.

Ia pun meminta masyarakat tak khawatir untuk dirawat di rumah sakit apabila sudah divonis positif Covid-19.

“Di manapun rumah sakitnya, baik rumah sakit pemerintah ataupun swasta, selama dalam rangka penanganan Covid-19, biaya akan sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah,” kata Wiku.

“Biaya perawatan yang seluruhnya ditanggung oleh pemerintah merupakan komitmen pemerintah dalam membantu meringankan beban pasien Covid-19 di Indonesia,” lanjut dia.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook