Hubungi kami di

Hidup Sehat

Sering Makan “Gorengan” Bisa Bikin Perut Buncit

iqbal fadillah

Terbit

|

BANYAK orang yang suka camilan yang bisa ditemukan dengan mudah di pinggir-pinggir jalan ini. Rasanya yang enak dan merakyat, jadi beberapa alasannya.

Tak heran, gorengan menjadi camilan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia.

Di balik itu semua, tahukah kamu bahwa gorengan tidak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan perut buncit?

Beberapa bahan makanan yang sering diolah menjadi gorengan adalah tahu, tempe dan pisang. Sebenarnya, ketiganya merupakan bahan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi.

Hanya saja, pengolahan bahan-bahan tersebut menjadi gorengan membuat nutrisi ketiganya jadi ‘ternoda’.

Dikutip dari Klik Dokter, biasanya minyak yang digunakan untuk membuat gorenganlah yang ‘menodainya’. Karena minyak tersebut membuat gorengan memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak trans.

Lemak jenuh dan lemak trans adalah lemak yang memiliki efek jahat pada tubuh manusia. Kedua lemak ini meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

Hal ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Tak berhenti sampai di situ, penggunaan minyak dalam mengolah gorengan juga menjadikan camilan ini turut berperan membuat perut buncit. Satu sendok makan minyak mengandung 13,6 gram lemak dan 117 kalori. Padahal lemak memiliki kemampuan yang rendah untuk menstimulasi leptin (hormon yang menekan nafsu makan).

BACA JUGA :  21 Obat Diteliti Karena Berpotensi Melawan Covid-19

Tapi lemak bukanlah satu-satunya pihak yang bersalah. Kalori juga dapat menyebabkan kegemukan atau bahkan obesitas. Dengan bertumpuknya kedua substansi ini, maka tak heran kalau perut menjadi buncit. Bahkan para peniliti menyatakan bahwa perut buncit akan tetap terjadi meskipun jumlah kalori yang dikonsumsi sudah dikontrol.

Artinya, selama masih mengonsumsi gorengan, kamu masih berkemungkinan untuk memiliki perut buncit di kemudian hari.

Oleh karena itu, batasi kebiasaan mengonsumsi gorengan mulai sekarang. Selain karena dapat menyebabkan penyakit berbahaya, gorengan juga dapat menyebabkan perut buncit.

Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, serta berolahraga secara rutin dan teratur. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook