Hubungi kami di

Kota Kita

Subsidi Koperasi Pekerja, Pemprov Kepri Anggarkan Rp 4,5 Miliar

Terbit

|

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. F. Diskominfo Kepri

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) akan memberikan subsidi kepada tiga koperasi pekerja/buruh pada tahun 2023. Pemprov menganggarkan dana sekitar Rp 4,5 miliar.

Menurut Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, anggaran sebesar Rp 4,5 miliar tersebut akan diprioritaskan untuk koperasi pekerja yang ada di Kota Batam. Alasannya, jumlah pekerja di kawasan industri di Batam lebih banyak dibandingkan kabupaten/kota lainnya.

“Kami akan duduk dulu dengan serikat buruh/pekerja agar anggarannya sesuai dan bermanfaat,” kata Ansar.

Ia menyebutkan anggaran subsidi koperasi buruh bertujuan untuk membantu buruh memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau.

“Skemanya sudah ada. Itu masih harus dibahas lebih intensif, agar benar-benar memberikan nilai tambah bagi para pekerja,” ucapnya.

BACA JUGA :  Disapu Angin Kencang, Satu Rumah di Tanjungpinang Roboh

Dengan skema itu, kata Gubernur, agar Upah Minimum Provinsi (UMP) Kepri 2023 naik tidak terlalu tinggi. Selain itu, kebutuhan dasar dan strategis para pekerja tetap terpenuhi.

Mengenai UMP Kepri 2023, Ansar menyebutkan hingga saat ini pembahasan masih berlangsung dan akan diumumkan dalam waktu dekat .

Di sisi lain, pihaknya juga mendorong Badan Usaha (BP) Batam berperan aktif dalam memberikan subsidi bagi tenaga kerja. Misalnya, mensubsidi transportasi dengan menyediakan bus karyawan dalam jumlah besar.

“Skemanya sudah ada. Hanya perlu dibahas lebih intensif, sehingga benar-benar memberikan nilai tambah bagi para pekerja,” katanya.

BACA JUGA :  Liga Batam 2022 | Empat Semifinalis Siap Bermain Sportif dan Menjaga Kondusifitas Pertandingan

Lebih lanjut Ansar menyampaikan, subsidi pekerja juga dalam rangka mengendalikan kenaikan angka Upah Minimum Provinsi (UMP) Kepri tahun 2023 agar tidak terlalu tinggi. Selain itu, kebutuhan dasar dan strategis para pekerja tetap terpenuhi.

Menurut dia, jumlah UMP Kepri 2023 diperkirakan akan naik, namun besaran kenaikan tersebut tentunya tetap mempertimbangkan segala aspek, baik kepentingan pengusaha/perusahaan, tuntutan pekerja, hingga kondisi perekonomian saat ini .

“Itu saja. Kami ingin ada solusi bagaimana agar kenaikan UMP tetap terkendali dan kebutuhan tenaga kerja tetap terpenuhi,” kata Ansar.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid