Hubungi kami di

Ini Batam

Terbang Perdana, Citilink Hanya Bawa Empat Penumpang dari Batam

iqbal fadillah

Terbit

|

Direktur BUBU Hang Nadim Batam, Suwarso. Photo : Dok. GoWest Indonesia

MASKAPAI penerbangan Citilink secara resmi mulai beroperasi dari Bandara Internasional Hang Nadim, Batam pada Jumat (8/5) hari ini. Penerbangan ini merupakan kali perdana pesawat penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam setelah sebelumnya dihentikan oleh pemerintah pusat untuk pencegahan Covid-19.

Meskipun demikian, Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim dan TIK Badan Pengusahaan Batam, Suwarso menjelaskan, penerbangan komersial ini belum dioptimalkan masyarakat, sebab jumlah penumpang penerbangan ini masih sangat sedikit. Seperti penerbangan Batam-Jakarta yang hanya membawa empat orang penumpang saja.

Hingga pukul 12.45 WIB, kata Suwarso, baru ada satu penerbangan dari Batam.Itupun jumlah penumpang lebih sedikit dari kru pesawat sebanyak 12 orang.

“Citilink yang terbang ke Jakarta. Berangkat empat orang ditambah 12 crew pesawat,” kata Suwarso pada Jumat (8/5).

Selain penerbangan tujuan Jakarta yang hanya membawa 4 penumpang, penerbangan hari ini juga direncanakan ke beberapa kota lain di Indonesia. “Selain ke Jakarta, juga ke Medan, Surabaya, Padang dan Pekanbaru,” kata Suwarso lagi.

BACA JUGA :  BP Batam Pecahkan Rekor Muri Melalui Batam Golf Adventures 2018

Suwarso melanjutkan, sebelumnya Bandara Internasional Hang Nadim Batam tetap melayani penerbangan pesawat kargo. Dengan 8 penerbangan kargo yang beroperasi setiap harinya, termasuk pesawat TNI-AU yang membawa kebutuhan peralatan dan perlengkapan medis untuk Rumah Sakit Khusus Infeksi di Pulau Galang, sekaligus untuk pertukaran anggota TNI yang bertugas.

Rinciannya yakni, dua penerbangan maskapai Garuda Indonesia ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng; dua penerbangan maskapai Citilink ke Bandara Soekarno-Hatta; satu penerbangan maskapai Sriwijaya Air ke Bandara Soekarno-Hatta, dua penerbangan operator kargo My Indo Airlines ke Bandara Soekarno-Hatta; dan satu penerbangan Tri MG Airliners ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Selain Citilink yang memulai penerbangan komersial mulai hari ini, Maskapai Garuda Indonesia akan terbang pada tanggal 10 Mei 2020, dengan jadwal penerbangan pada hari Senin, Rabu, Jum’at dan Minggu. Sedangkan, maskapai Lion Air mulai beroperasi kembali pada tanggal 10 Mei 2020. Meski demikian penerbangan tersebut masih menunggu izin terbang dari Kementerian Perhubungan RI,” jelas Suwarso.

*(Bob/GoWestId)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook