Hubungi kami di

Kota Kita

Terpapar Covid-19, Dua Warga Bintan Meninggal Dunia

Terbit

|

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, dr Tjetjep Yudiana. F. Dok. Humas Pemprov Kepri

JURU Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dr Tjetjep Yudiana, menyebutkan dua orang warga Kabupaten Bintan meninggal dunia setelah terpapar virus Corona atau Covid-19.

Tjetjep mengatakan dua orang warga Bintan yang meninggal dunia tersebut, selain terinfeksi Covid-19, juga memiliki penyakit penyerta. Dia menyebutkan, kasus kematian akibat Covid-19 di Bintan jarang terjadi.

“Kasus kematian akibat Covid-19 jarang terjadi di Kepri, kecuali di Kota Batam ada satu atau dua orang hampir setiap hari dalam tiga pekan terakhir,” katanya di Tanjungpinang, Minggu (20/11/2022).

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kepri itu menjelaskan sejak awal mengingatkan warga, terutama yang berusia lansia (lanjut usia) dan memiliki penyakit penyerta agar mewaspadai Covid-19.

BACA JUGA :  6 Dari 7 Kabupaten/ Kota Di Kepri Sudah Mulai Gelar Vaksinasi Covid 19 Anak 6-11 Tahun

Baru-baru ini, peneliti di Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam mendeteksi puluhan pasien tertular Omicron XBB dan turunannya.

Sampel tersebut diperoleh dari pasien Covid-19 yang dirawat di sejumlah rumah sakit di Batam.

Ia menjelaskan Omicron XBB dan turunannya tidak berbahaya bagi warga yang memiliki kekebalan tubuh yang baik, namun berbahaya bagi lansia dan yang memiliki penyakit penyerta.

“Belum diketahui apakah subvarian Covid-19 itu sudah masuk atau belum ke kabupaten dan kota lainnya di Kepri, karena sampel dari pasien di daerah lain selain Batam belum diteliti,” katanya.

Tjetjep menyatakan jumlah kasus aktif Covid-19 di Kepri meningkat sejak tiga pekan lalu sampai sekarang. Jumlah pasien Covid-19 mencapai 169 orang, dengan rincian Batam 107 orang, Tanjungpinang 15 orang, Bintan 31 orang, Kabupaten Karimun 14 orang, Kabupaten Lingga satu orang, dan Kabupaten Natuna satu orang.

BACA JUGA :  GOPTKI Kepri Harus Proaktif Cetak Anak Cerdas dan Berakhlak Mulia

Satu kasus baru Covid-19 di Lingga terjadi setelah daerah itu nihil kasus aktif selama sepekan.

“Sejak tujuh bulan lalu sampai sekarang yang bertahan nihil kasus aktif Covid-19 hanya Kabupaten Kepulauan Anambas,” sebutnya.

Anambas merupakan satu-satunya daerah dengan status Zona Hijau, sedangkan enam kabupaten dan kota lainnya di Kepri Zona Kuning atau risiko penularan rendah.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid