Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

YouTube Uji Fitur Belanja Produk di Video Kreator

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi, video creator di youtube, © lumen5

PENDAPATAN Youtube dikabarkan turun pada kuartal kedua 2020. Namun begitu, mereka tampak terus berupaya menghadirkan fitur baru terkait monetisasi. 

YouTube dikabarkan juga tengah menguji fitur yang memungkinkan pengguna untuk langsung membeli produk yang mereka lihat di video.

Seperti dikutip dari The Next Web, fitur ini bisa menjadi salah satu perubahan terbesar pada platform streaming musik milik Google tersebut. Fitur ini disebut-sebut mengubah YouTube menjadi pesaing Amazon.

Menurut The Next Web yang mengacu pada laporan dari Bloomberg, YouTube baru-baru ini mulai meminta para kreator untuk menandai dan melacak produk yang digunakan dalam video mereka.

Data itu kemudian dikirim ke Google untuk membangun analitiknya, serta alat belanja langsung di YouTube. Perusahaan tersebut dikatakan juga sedang menguji integrasi dengan Shopify.

Bloomberg mengatakan bahwa juru bicara YouTube mengonfirmasi bahwa perusahaan sedang menguji fitur semacam itu dengan beberapa channel, meskipun masih dalam tahap percobaan. Para kreator juga memiliki kendali atas produk mana yang akan ditampilkan untuk dijual.

Belum jelas berapa banyak yang akan diambil YouTube dari penjualan semacam itu. Kabar mengenai kehadiran fitur belanja produk di video YouTube juga belum pasti.

(*)

Sumber : Next Web / Blomberg

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook