Hubungi kami di

Lingkungan

Burung Mandi Hingga Roadrunner yang Terhalang Tembok Perbatasan | Parade Photo Burung Juara 2021

Terbit

|

Burung ini sedang mandi di West Benghal, India. Crimson Sunbird ini memanfaatkan tanaman pisang sebagai bath-tube-nya. © Photo: Mousam Ray/Bird Photographer of the Year 2021.

Bird Photograper of the Year [BPOTY] kembali merilis photo-photo pemenang kompetisi internasional 2021.

————

PHOTO hasil karya fotografer Meksiko Alejandro Prieto yang menangkap gambar seekor burung di tembok perbatasan AS-Meksiko, memenangkan kontes photo bergengsi ini.

Prieto dinobatkan sebagai pemenang hadiah utama setelah gambarnya terpilih dari 22.000 foto karya kontestan lain, sebagaimana dilansir dari Bird Photographer of the Year.

Photo tersebut menggambarkan seekor burung roadrunner berhenti di jalur jelajahnya saat di depannya terbentang tembok perbatasan antara AS dan Meksiko, di negara bagian Arizona.

Prieto mengatakan, gambar itu menyoroti ancaman terhadap keanekaragaman hayati yang timbul akibat keberadaan tembok tersebut.

Wilayah perbatasan Amerika Serikat-Meksiko adalah ekosistem yang halus dengan migrasi hewan dan burung reguler yang bergerak ke utara dan selatan di Benua Amerika.

Di wilayah ini, sejumlah spesies harus melintasi perbatasan untuk kawin dengan sesama mereka yang berbeda secara genetik, termasuk jaguar Amerika Utara yang terancam punah dan beruang hitam, yang diperkenalkan kembali ke Texas pada 1990-an.

Foto burung roadrunner terhalang tembok perbatasan AS-Meksiko yang menjuarai Bird Photograper of the Year 2021. Foto: Alejandro Prieto/Bird Photographer of the Year 2021

“Tembok perbatasan kedua negara melintasi dan membelah gurun, gunung, dan bahkan hutan bakau. Di gurun itu sendiri, sebenarnya mempunyai biodiversitas cukup tinggi, lebih dari 1.500 spesies hewan dan tumbuhan terancam oleh tembok tersebut,” kata Prieto.

BACA JUGA :  "Batam Bukan Kota Plastik" | PRODUKSI

“Saya telah menyaksikan banyak hewan berbeda mencapai dinding sebelum berbalik dan kembali,” tambahnya, dikutip dari BBC.

Inilah photo-photo lain lain yang memenangkan penghargaan ajang Bird Photographer of the Year 2021.

Penghargaan photo Konservasi

Bangau yang terancam. Photo: Carla Rhodes/Bird Photographer of the Year 2021

Berdiri setinggi 1,5 m dan dengan lebar sayap 2,5 m, burung ajudan besar adalah spesies bangau yang paling terancam punah di planet ini. Saat ini, ada kurang dari 1.200 dari mereka yang tersisa, dengan 950 nya berada di Assam, India. 

Penghargaan Portfolio

Burung puffin. Photo: Kevin Morgans/Bird Photographer of the Year 2021

Diterangi oleh matahari terbenam keemasan di pulau terpencil Fair Isle, burung puffin ini diphoto oleh fotografer Kevin Morgans dalam perjalanan tahunannya ke ujung utara Skotlandia.

BACA JUGA :  Balapan yang Mulai Popular, MotoE!

Potret Terbaik

Ini adalah burung pelican yang terlihat seperti paus. Photo: Felipe Foncueva/Bird Photographer of the Year 2021

Mungkin banyak yang mengira bahwa ini adalah paus balin besar yang sedang makan. Siapa sangka, ini adalah pelican coklat yang memanfaatkan sisa-sisa makanan yang dibuang ke laut oleh para nelayan di Pantai Pasifik Kosta Rika.

Photo Perilaku Burung Terbaik

Foto perilaku burung terbaik. Photo: Mousam Ray/Bird Photographer of the Year 2021

Burung ini sedang mandi di West Benghal, India. Crimson Sunbird ini memanfaatkan tanaman pisang sebagai bath-tube-nya. Setelah meminum nektar dari bunga, ia berbaring kembali di air hujan yang terkumpul di kelopak bunga.

Photo Burung Terbang Terbaik

Pose burung terbaik saat terbang. Photo: Tzahi Finkelstein/Bird Photographer of the Year 2021

Common Swift adalah burung yang selalu aktif terbang. Ia memakan serangga di udara dan menukik rendah untuk mengambil air di paruhnya saat membutuhkan minuman. Spesies ini dapat menghabiskan hingga 10 bulan dalam penerbangan terus menerus dan tidak akan menetap di tanah jika mereka dapat menghindarinya.

Photografer Muda Terbaik

Inilah foto burung karya fotographer muda terbaik. Photo: Levi Fitze/Bird Photographer of the Year 2021

Photografer Levi Fitze harus bermalam di Pegunungan Alpen yang membeku dan mulai pukul 4 pagi untuk menangkap gambar belibis hitam ini saat matahari terbit. Jantan dari spesies ini berkumpul dalam kelompok besar dalam apa yang dikenal sebagai perilaku lekking, bersaing untuk mendapatkan pasangan.  

Bird Photographer of the Year adalah kompetisi photography global tahunan yang mengundang para photographer seluruh dunia untuk menangkap gambar keindahan dan keragaman burung. Juga, penghargaan untuk fleksibilitas dan kualitas sistem pencitraan digital moderen saat ini.

(*)

Sumber : BBC | MONGABAY 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook