Hubungi kami di

SPORT

Catatan Gemilang Mourinho di Eropa Usai Membawa AS Roma Juara

Terbit

|

Jose Mourinho berhasil membawa AS Roma menjuarai UEFA Conference League, setelah membungkam Feyenoord pada laga final di National Arena, Tirana, Albania, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB. F. Dok. Bola.com/AP Photo/Thanassis Stavrakis

JOSE Mourinho mengakhiri puasa gelar selama 14 tahun di AS Roma dengan memenangkan UEFA Conference League 2021/22, Kamis (26/05/22) dini hari.

Di final di Albania, AS Roma mengalahkan Feyenoord Rotterdam untuk merebut gelar.
AS Roma mengalahkan Feyenoord 1-0 pada menit ke-31 melalui gol Niccolò Zaniolo menggunakan assist dari Gianluca Mancini.

Satu gol itulah yang mampu dipertahankan AS Roma hingga akhir pertandingan, sehingga Giallorossi layak menjadi juara UEFA Conference League edisi pertama 2021/22.

Kesuksesan AS Roma di ajang ini membawa sederet rekor dan rekor spektakuler, khususnya bagi manajer Jose Mourinho.

Berbeda dengan Roma yang baru sekali tampil sebagai juara di pentas Eropa, Mourinho untuk kali kelima naik ke podium juara dalam ajang antarklub di Benua Biru.

Mourinho pun mencatatkan kemenangan 100 persen di laga lima laga final dalam pentas kejuaraan UEFA.

BACA JUGA :  Eintracht Frankfurt Juara Liga Europa!

Pelatih asal Portugal itu kali pertama tampil di partai pemungkas Eropa adalah pada Piala UEFA 2002/2003. Ketika itu Mourinho membawa Porto menjadi juara dengan mengalahkan Celtic 3-2.

Setahun berselang nama Mourinho kian berkibar setelah mengantar Porto menjadi juara Liga Champions. Anak asuh Mourinho menang 3-0 atas Monaco.

Kesuksesan Mourinho selanjutnya terjadi pada musim 2009/2010 ketika mempersembahkan gelar Liga Champions untuk Inter Milan.

Mourinho kemudian meraih prestasi puncak di Eropa untuk kali keempat ketika menangani Manchester United. Pada musim 2016/2017, Mourinho membawa Man United untuk kali pertama menuai sukses di Liga Europa.

Kegemilangan AS Roma di UEFA Conference League musim ini pun menambah kilau Mourinho sebagai salah satu pelatih kenamaan.

BACA JUGA :  Singkirkan Wakil Malaysia, Fajar/Rian ke Final Thailand Open 2022

Berikut catatan spesial Jose Mourinho pasca membawa Roma jadi kampiun Liga Konferensi 2021/2022 dirangkum dari berbagai sumber.

– Jose Mourinho mengantarkan AS Roma menjadi klub Italia pertama yang memenangkan kompetisi klub besar Eropa sejak Inter Milan pada 2010. Inter saat itu juga dilatih The Special One.

– Jose Mourinho adalah manajer kedua yang berhasil memenangkan lima gelar uatama kompetisi besar Eropa setelah Giovanni Trapattoni. Juru taktik asal Portugal itu kini telah mengoleksi Liga Konferensi (2021/22), Liga Champions (2003/04, 2009/10), dan Piala UEFA/Liga Europa (2002/03, 2016/17).

– Jose Mourinho juga jadi pelatih pertama yang membawa AS Roma meraih gelar kompetisi UEFA perdananya sepanjang sejarah klub dan kompetisi internasional pertama sejakInter-Cities Fairs Cup pada kampanye 1960/61.
Baca Juga

(*)

sumber: CNN Indonesia.com | Suara.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid