Hubungi kami di

Histori

Kemayoran, Bandara Pertama Yang Layani Penerbangan Komersil di Indonesia

Mike Wibisono

Terbit

|

BANDARA Kemayoran di Jakarta, dibangun pada tahun 1901 dan mulai beroperasi tahun 1910. Bandara tersebut merupakan bandara pertama di Indonesia yang melayani penerbangan komersil.

Pemerintah kolonial Belanda juga sempat mendokumentasikan pembangunan bandara itu pada tahun 1948. Seorang netizen berkewarganegaraan Belanda bernama MichaelRogge, mengunggah suasana bandara itu dalam sebuah video dokumentasi.

Sayang, bandara tersebut kini sudah tidak ada. Fungsinya digantikan oleh bandara Soekarno Hatta yang mulai dioperasikan pada dekade 80-an silam.

Di masa penjajahan Jepang 1942 -1945, kemudian pemerintah NICA Belanda hingga akhirnya dikelola Pemerintah Indonesia tahun 1950, bandara ini sempat menjadi bandara yang vital bagi Indonesia. Pada tahun 1958 dikelola oleh Djawatan Penerbangan Sipil,  kemudian diserahkan kepada BUMN dengan nama Perusahaan Negara ” Angkasa Pura” Kemayoran pada tahun 1960.

BACA JUGA :  Mengapa Pak Harto yang Membubarkan PKI?

Pengelolaan dilakukan Oleh BUMN yang kemudian berganti nama menjadi “Perum Angkasa Pura I” hingga akhir Operasi tahun 1984. Kanal videoaish2009, juga mengunggah suasana bandara Kemayoran hingga menjelang akhir pengoperasiannya di dekade 80-an lalu.

 

 

 

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook