Hubungi kami di

Pilihan gowest.id

Media Terapi Narapidana Menggunakan Gamelan

Zilfia Sarah

Terbit

|

GAMELAN adalah alat musik khas Indonesia yang berasal dari Jawa. Di negeri sendiri, gamelan sering digunakan untuk pertunjukan pada saat acara-acara besar adat dan upacara sakral. Bunyinya yang khas memang membuat gamelan menjadi pertunjukkan musik yang membuat orang penasaran dan ingin tahu.

Tapi, Berbeda dengan di Indonesia, di Inggris, gamelan berubah fungsi menjadi sebuah pertunjukkan musik untuk terapi. Bunyi yang khas dan pendekatan yang tidak formal dengan musik lainnya,  membuat gamelan mempunyai daya tariknya tersendiri.

Foto : playbuzz.com

Foto : playbuzz.com

Good Vibrations adalah sebuah badan amal yang menggagas ide gamelan dijadikan terapi. Direktur Eksekutif Good Vibrations, Katherine Haigh di laman BBC mengatakan,

Gamelan cukup bagus untuk melatih mereka berteman, mempunyai latar belakang baru, mempunyai daya ingat yang kuat, dan lepas dari kondisi sulit.

Menurut Katherine, gamelan telah membantu upaya terapi sebanyak 4000 narapidana selama 10 tahun. Bunyi-bunyian unik yang keluar dari gamelan mampu membuat orang yang mendengarnya relaks. Bukan itu saja, jika sudah bermain gamelan maka seseorang akan keasyikan dan hal ini tentu saja dapat melepaskan kondisi sulit mereka.

Foto : thehappinessprojectlondon.wordpress.com

Foto : thehappinessprojectlondon.wordpress.com

Uniknya Good Vibrations justru melakukan terapi dengan gamelan untuk menciptakan latar belakang baru untuk mereka dan juga agar mempunyai keterampilan. Hal ini diharapkan agar para narapidana dapat bertahan jika sudah keluar dari lembaga pemasyarakatan.

Foto : bbc.com

Foto : bbc.com

Katherine Haigh juga mengatakan bahwa dirinya belajar gamelan sejak memasuki bangku perkuliahan tahun 1998 di York of University. Menurut Katherine, keunikan-keunikan cerita pewayangan membuatnya ingin tahu gamelan lebih banyak.

(dha/int)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook