Hubungi kami di

Sebaiknya Tahu

5 Fakta Menarik Tentang Gunung Bintan

Terbit

|

Ilustrasi, gunung Bintan. © Bintantravel

GUNUNG Bintan merupakan gunung yang terletak di tengah-tengah Pulau Bintan. Pulau Bintan sendiri adalah pulau yang ada di Provinsi Kepulauan Riau dengan ibu kota terletak di Kota Tanjungpinang.

Gunung Bintan menjadi daya tarik wisata di pulau terbesar di Kepulauan Riau ini. Maka dari itu, berwisata ke Pulau Bintan tidak lengkap rasanya jika tidak menyambangi Gunung Bintan.

Ketinggian gunung ini mungkin tidak seberapa jika dibandingkan dengan gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa, namun ketika berkunjung hampir dipastikan kamu akan langsung terpesona.

Selain fakta bahwa Gunung Bintan tidak terlalu tinggi, ada 5 fakta menarik lainnya mengenai Gunung Bintan. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut!

1. Cukup 2 jam untuk mencapai puncak

Gunung Bintan hanya berjarak sekitar 55 km dari Kota Tanjung Pinang. Untuk mencapai puncak Gunung Bintan, kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam! Ya, karena ketinggian Gunung Bintan hanya sekitar 400 meter di atas permukaan laut, untuk mencapai puncaknya kamu tidak perlu menghabiskan waktu berlama-lama.

Image courtesy of megatryansyah.blogspot.com

Sebenarnya Gunung Bintan ini lebih mirip sebuah bukit ketimbang gunung karena rendahnya ketinggian yang dimiliki. Meskipun begitu, Gunung Bintan adalah satu-satunya gunung yang ada di Pulau Bintan dan merupakan puncak tertinggi di Pulau Bintan. Keren, ya?

BACA JUGA :  Waspadai Kerawanan di Laut China Selatan, Koarmada I Bakal Dipindah ke Tanjunguban

2. Nikmati pesta durian setelah mendaki

Kawasan kaki Gunung Bintan dimanfaatkan penduduk setempat untuk lahan pertanian. Selain itu, penduduk juga membuat kebun yang ditanami berbagai buah, salah satunya adalah durian. Ketika musim durian, pengunjung bisa membeli durian langsung dari petaninya dengan harga yang pastinya lebih murah dan rasa yang lebih enak karena dipetik langsung dari pohonnya.

Pada musim durian, biasanya diselenggarakan acara tahunan yang bertajuk “Bintan Mountain Tracking and Durian Party”. Acara ini adalah perlombaan menyusuri jalan menuju puncak gunung pada malam hari yang kemudian diakhiri dengan pesta makan durian dan ikan bakar.

3. Menyimpan kekayaan flora dan fauna

Gunung Bintan merupakan salah satu kawasan hutan hujan tropis. Karena itulah Gunung Bintan menyimpan kekayaan flora dan fauna yang khas. Terdapat aneka satwa seperti monyet, tupai, ular, dan berbagai jenis burung. Tak hanya itu, Gunung Bintan juga ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan tropis dan pohon-pohon raksasa.

BACA JUGA :  Dari Batam Rambah Bintan, Bintan Treasure Hunt Challenge 2022

4. Area Gunung Bintan dijadikan daerah resapan air

Selain sebagai daya tarik wisata, Gunung Bintan mempunyai peran penting bagi masyarakat yaitu sebagai area resapan air (catchment area). Selain itu tumbuhan tropis dan pohon-pohon raksasa juga berfungsi sebagai penyangga kawasan hutan dari ancaman erosi.

5. Bisa singgah di air terjun

Gunung Bintan ternyata memiliki air terjun yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Setelah kamu puas menyisir keindahan alam dari puncak gunung, kamu bisa melengkapi perjalananmu menuju sebuah air terjun yang terletak di kaki gunung. Tempat ini sering digunakan oleh wisatawan sebagai tempat singgah setelah lelah menyusuri gunung. Untuk merasakan kesegaran setelah menyusuri gunung, kamu bisa memanfaatkan air terjun sebagai tempat mandi.

(*/iwa)

Sumber : bukareview

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid