Hubungi kami di

Ini Batam

Gaslink, Inovasi PGN untuk Pelanggan di Luar Jalur Pipa

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi gaslink : ist.

PT Gagas Energi Indonesia, anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara (PGN), mengeluarkan produk baru bernama Gaslink. Produk ini dihadirkan untuk melayani pelanggan yang ingin gunakan gas alam namun belum dilalui jalur pipa PGN.

“Dengan diluncurkannya Gaslink ini kami berharap dapat melayani para calon pelanggan yang berminat menggunakan gas alam. Ini menjadi terobosan PGN untuk mengantarkan energi baik ke masyarakat Batam,” kata Sales Area Head PGN Batam, Amin Hidayat, Kamis (27/12).

Gaslink adalah compressed natural gas (CNG) yang dikemas dalam bentuk cradle dengan volume menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Melalui inovasi ini PGN siap melayani calon pelanggan komersil maupun industri yang belum terjangkau jaringan pipa.

“Selain harga yang kompetitif dan lebih efisien, faktor keamaan juga menjadi nilai tambah lainnya,” kata dia.

Amin mengatakan produk baru ini diharapkan dapat memperluas jangkauan pengguna gas alam di Batam. Adapun total pelanggan PGN hingga Desember ini sebanyak 89 industri dan industri jasa komersil, serta 4.480 pelanggan rumah tangga.

Area Head Gagas Energi Batam, Tria Siswandi menjelaskan produk Gaslink ini terdiri dari satu unit cradle dan satu unit Pressure Reduction Station (PRS). Bentuk cradle seperti tabung, fungsinya sebagai penyimpan gas. Sementara PRS berfungsi sebagai alat penurun tekanan. Pada PRS terdapat regulator dan meter pengukur penggunaan gas.

BACA JUGA :  Imlek 2020, 35 Ribu Orang Diperkirakan Padati Vihara Duta Maitreya Batam

“Dari PRS, kemudian disambungkan ke pipa instalasi pelanggan baik laundry, restoran, dan lain-lain,” ujarnya.

Peralatan ini disiapkan oleh Gagas Energi Batam. Konsumen bisa menggunakannya selama menjadi pelanggan Gagas Energi. Pelanggan, kata Tria, hanya melakukan investasi berupa pipa instalasi dari alat milik Gagas Energi ke peralatan usaha mereka.

“Untuk peralatan PRS dan cradle tanpa biaya, pelanggan hanya berinvestasi untuk pipa instalasi ke peralatan pelanggan saja,” sebutnya.

Tria mengatakan penggunaan Gaslink ini bisa memberikan efisiensi 10-20 persen dibandingkan liquid petroleum gas (LPG). Karena itu sangat cocok bagi usaha yang membutuhkan bahan bakar gas.

“Bagi pelaku usaha yang minat gunakan Gaslink, bisa mendaftar sebagai calon pelanggan dengan mengisi formulir. Nanti tim kami akan lakukan survei ke lokasi,” tuturnya.

Menurut Tria, saat ini pelanggan yang sudah terkontrak dengan Gagas Energi di Batam sebanyak 12 jasa komersial seperti restoran, laundry, hotel, dan juga industry.

 

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook