Hubungi kami di

Dunia

Kakek 65 Tahun Di India Disuntik 11 Dosis Vaksin Covid-19

Terbit

|

Brahmdeo Mandal, kakek berusia 65 tahun di India mengaku telah disuntik vaksin Covid-19 sebanyak 11 kali. F. Dok. Kompastv.com/Mirror/BILHAR

BRAHMDEO Mandal, seorang kakek berusia 65 tahun asal India mengaku ketagihan vaksin Covid-19. Dia mengaku telah mendapatkan suntikan 11 dosis vaksin Covid-19, dimana dua di antaranya didapatkannya hanya dalam tempo setengah jam.

Seorang pria di India bikin geger usai mengaku telah mendapatkan 11 dosis vaksin Covid-19. Bahkan dua di antaranya dia dapatkan dalam waktu setengah jam.

Menurut pengakuan Brahmdeo, dia tetap sehat dan tidak merasakan ada efek samping apapun meski sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 sebanyak 11 kali.

Aksi pensiunan tukang pos ini terungksp setelah ia hendak melakukan vaksinasi Covid-19 ke-12 namun gagal karena dihentikan petugas kesehatan.

“Saya merasa itu membantu kesehatan saya secara umum,” katanya dalam sebuah wawancara telepon dikutip dari New York Times.

BACA JUGA :  Polisi Amankan Lobster Senilai Rp. 33 Miliar

“Sakit punggung saya telah membaik, tubuh saya membaik, dan nafsu makan saya membaik.”

Dr. Amarendra Narayan Shahi, kepala petugas medis di Madhepura, mengatakan dia telah berbicara dengan Mandal yang telah memberitahunya tentang usahanya untuk mendapatkan lebih banyak dosis karena dia percaya itu menyembuhkan penyakitnya.

Untuk sembilan dari 11 suntikan vaksin yang diterima Mandal, dia mengaku hanya menggunakan kartu identitas nasional dan nomor ponselnya. Setelah itu, ia beralih ke bentuk identifikasi alternatif, seperti kartu suara dan nomor ponsel istri dan teman-temannya.

Mandal mengaku mencatat semua suntikan vaksin Covid-19yang ia terima, mulai dari waktu, tanggal, hingga pusat vaksinasi yang ia datangi. Ia mengklaim mendapatkan 11 suntikan mulai Februari hingga Desember 2021.

BACA JUGA :  Rudi Pimpin Langsung Tim Patroli, Pastikan Masyarakat Laksanakan Social Distancing

Kepada BBC, Mandal mengatakan ia mendatangi pusat-pusat vaksinasi di Madhepura dan dua distrik tetangga, salah satu lokasinya berjarak lebih 100 kilometer dari tempat tinggalnya, untuk mendapatkan suntikan.

“Setelah mendapatkan suntikan, rasa sakit dan nyeri di badan hilang. Tadinya saya punya masalah di lutut saya dan harus menggunakan tongkat untuk berjalan. Sekarang, saya merasa sehat,” kata Mandal.

Pemerintah di India masih mencari tahu bagaimana Mandal ‘lolos’ dan mendapatkan vaksin Covid-19 di banyak tempat. Sampai saat sebelum ketahuan, Mandal mengatakan masih ingin disuntik vaksin Covi-19. “Saya masih ingin lebih,” katanya.

(*)

sumber: CNNIndonesia/suara.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid