Hubungi kami di

Hidup Sehat

Makanan Ini Masih Dapat Dikonsumsi Walau Sudah Lewat Tanggal

Zilfia Sarah

Terbit

|

KITA sebaiknya tahu perbedaan label kedaluwarsa. Ini sangat penting untuk mengetahui berapa lama waktu yang aman menyimpan makanan, sehingga bahan tersebut tidak berakhir di tempat pembuangan akhir.

Dilansir dari huffingtonpost.com.au, pada dasarnya, ada tiga jenis label yang dipasang produsen makanan untuk membedakan apakah makanan yang mereka kemas atau produksi masih dapat dikonsumsi, yakni label baked byuse by, dan best before.

Label baked by biasanya digunakan untuk menunjukkan kapan produk tersebut diproduksi, sehingga dapat memberi petunjuk bagi calon konsumen untuk memutuskan membeli atau tidak suatu produk.

Adapun untuk label use by, merujuk pada produk yang harus dikonsumsi sebelum memasuki tanggal kedaluwarsa. Ketiga, produk best before, yang merupakan petunjuk bagi konsumen jika produk tersebut masih dapat dikonsumsi meski tanggal terbaik untuk dikonsumsi telah lewat, hanya saja kualitas produk tersebut tak sama seperti masa terbaiknya.

Berikut ini jenis makanan yang masih dapat dikonsumsi meski masa terbaiknya telah lewat.

1. Biji atau serbuk kopi
Seusai dibuka, produk tersebut dapat disimpan ke dalam jar hingga dua minggu atau disimpan dalam wadah tertutup dan dimasukkan ke freezer selama satu bulan untuk memperlambat reaksi kimia dan mempertahankan rasa.

2. Selai
Sebelum dibuka, selai dapat bertahan selama dua tahun. Namun, setelah dibuka, untuk memperlambat kedaluwarsa, selai bisa ditutup rapat dan disimpan di lemari es dalam satu bulan. Buang ketika terjadi perubahan tekstur atau rasa pada selai. Adapun selai kacang memiliki waktu simpan lebih lama, yakni 3-4 bulan.

3. Cokelat
Jika belum dibuka, cokelat dapat dikonsumsi di masa terbaiknya dalam jangka waktu satu tahun. Namun, seusai segel dibuka, cokelat dapat bertahan selama 4-6 bulan di kulkas. Sangat penting diingat jika cokelat dapat menyerap berbagai rasa, sehingga harus dibungkus dengan baik.

BACA JUGA :  Sarapan 2 Telur Tiap Pagi dan Penurunan Berat Badan

4. Saus tomat
Produk ini memiliki waktu terbaik hingga satu tahun, dan bila disimpan di kulkas dalam wadah tertutup, bisa tahan hingga enam bulan.

5. Gula
Bahan makanan manis ini tidak memiliki batasan waktu kedaluwarsa selama terhindar dari air dan disimpan dalam wadah rapat.

6. Susu cair
Setelah dibuka, masukkan ke dalam lemari es, tapi tidak dapat disimpan lebih dari lima hari.

7. Soft drink
Memiliki waktu terbaik selama tiga bulan. Seusai dibuka, simpan di lemari es dan tutup rapat kemasannya.

8. Pasta kering, beras, dan teh celup
Dapat disimpan dalam masa terbaik selama satu tahun.

9. Sayuran beku
Sayuran beku yang belum dibuka memiliki waktu terbaik hingga dua tahun. Namun, setelah dibuka dan dimasukkan ke freezer, akan bertahan selama satu bulan saja.

10. Madu
Untuk dapat menikmati manfaat terbaiknya, simpan ke dalam wadah dan tutup rapat.

11. Jus
Bila segel belum dibuka, jus akan bertahan selama delapan bulan. Seusai segel dibuka, simpan jus di lemari es. Jus pun dapat bertahan selama satu minggu.

12. Buah dan kacang-kacangan kaleng
Apabila belum dibuka, memiliki waktu terbaik penyimpanan selama satu tahun. Setelah dibuka, simpan makanan kaleng di wadah tertutup dan masukkan ke lemari es agar dapat bertahan selama satu minggu.

13. Permen
Memiliki waktu penyimpanan terbaik cukup lama, yakni 1-2 tahun.

14. Mustard
Dapat disimpan dalam waktu dua tahun. Namun, sekali dibuka, masukkan ke wadah tertutup dan simpan di lemari es, karena mustard memiliki waktu terbaik penyimpanan selama satu tahun.

15. Minyak zaitun
Memiliki waktu penyimpanan terbaik selama 2-3 tahun. Meski dibuka, tidak akan mempengaruhi waktu terbaiknya.

16. Kecap
Memiliki masa terbaik cukup lama. Setelah dibuka, simpanlah kecap di lemari es untuk jangka penyimpanan terbaik selama 2-3 tahun.

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook