Hubungi kami di

Jalan-Jalan Plesir

Surga Alam Bawah Tanah Gua Salunkang Kallang

Mike Wibisono

Terbit

|

KEKAYAAN alam di Indonesia memang tak ada habisnya. Nah, kini giliran Sulawesi Selatan yang memamerkan keindahannya.

Adalah Gua Salunkang Kallang. Gua yang berada di Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros merupakan gua terindah di Indonesia. Itu karena keindahan panorama bawah tanah dan guanya sangat memukau, sehingga sering disebut surga alam bawah tanah.

Gua Salunkang Kallang memiliki kedalaman sekitar 26 kilometer. Tak hanya itu bentuk guanya pun cukup unik yaitu horizontal dan vertikal.

Gua Salunkang Kallang merupakan gua yang terbentuk dari bebatuan karst yang berada di kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung.

Foto Gua Salukang Kallang : mongabay.co.id

Foto Gua Salunkang Kallang : mongabay.co.id

Nah, untuk menyusuri gua ini wisatawan harus menuruni mulut gua sedalam delapan meter dengan menggunakan peralatan caving (susur gua). Tujuannya untuk keselamatan diri, karena proses penurunannya menggunakan tali.

BACA JUGA :  Yang Perlu Diketahui Saat Ke Singapura di Masa Pandemi

Ketika menginjak kaki di dalam gua, Anda akan disambut dengan ornamen-ornamen bentukan alam yang indah. Ornamen memukau itu sepertistalamit, mount milk, dan yang lainnya.

Keindahan alam yang disuguhkan lainnya adalah aliran air sungah yang jernih. Sehingga keindahan ini mampu menghipnotis Anda untuk berlama-lama di sana.

Nah, penasaran bukan? Lokasi Gua Salunkang Kallang cukup strategis. Berada di jalan Poros, Kabutapaten Maros Bone, sekitar 25 kilometer dari Kota Moros. Jika Anda menggunakan kendaraan akan menempuh waktu sekitar 1,5 jam. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook