Hubungi kami di

Ini Batam

Target Produksi Cabai Merah Lokal 2 Ton Per Hari

ilham kurnia

Terbit

|

Ilustrasi cabai merah : ist.

DINAS Ketahanan Pangan menargetkan produksi cabai merah lokal sebesar 20 persen dari kebutuhan. Adapun kebutuhan cabai merah Kota Batam per hari mencapai 10 ton.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam, Mardanis mengatakan saat ini produksi petani lokal hanya seperempat dari target.

“Produksi saat ini baru sekitar 500 kg per hari. Kita kejar 20 persen atau 2 ton per hari untuk intervensi,” kata Mardanis di Sekupang, Selasa (5/11).

Target ini dibuat karena petani sudah bisa memenuhi kebutuhan cabai hijau Batam secara mandiri. Artinya kebutuhan 6-7 ton cabai hijau per hari sudah bisa dipenuhi petani lokal.

Cabai-cabai ini merupakan hasil bercocok tanam kelompok petani binaan Dinas Ketahanan Pangan. Ada 10 kelompok dengan jumlah anggota petani beragam. Mulai dari 3-4 orang per kelompok, sampai 20-an petani per kelompok. Total lahan yang digarap sekitar 30 hektare.

BACA JUGA :  Tambah Wawasan Sistim Pengelolaan Air Bersih, Jurnalis Sumut Kunjungi BP Batam

“Untuk cabai dominannya di Barelang. Sedangkan yang di Tembesi rata-rata sayuran,” ujarnya.

Sekda Kota Batam H Jefridin, bersama istri, Hj Hariyanti Jefridin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pemko Batam Mardanis dan Jajang memanen cabai merah keriting di lahan pertanian Setokok, Kecamatan Bulang. Foto : Mediacenter Batam

Pada Minggu (3/11), Mardanis mengajak Ketua Harian Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Batam, Jefridin memanen cabai di pertanian Pulau Galang. Sekretaris Daerah Kota Batam itu diajak untuk melihat apa yang sudah dilakukan para petani. Harapannya pemerintah bisa menambah anggaran untuk pengembangan pertanian di Batam.

Jefridin saat di Galang mengatakan pemerintah ingin harga cabai tidak lagi menyentuh angka Rp100 ribu per kg. Berbagai upaya sudah dilakukan agar bisa menekan harga cabai yang biasa melonjak ketika pasokan berkurang.

“Cabai ini salah satu yang menjadi penyumbang inflasi di Batam. Kalau harga cabai bisa kita tekan, bisa membantu kita untuk mengendalikan inflasi di Batam. Karena itu kita sedang menggiatkan swasembada cabai untuk meringankan beban inflasi,” tuturnya.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook