Hubungi kami di

Kota Kita

Dinkes Kepri: Rumah Sakit di Anambas Perlu Tingkatkan SDM dan Peralatan Kesehatan

Terbit

|

Gedung RSUD Tarempa, Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas. F. Dok. ignnews.id

KINERJA rumah sakit (RS) di Kabupaten Kepulauan Anambas perlu ditingkatkan melalui penguatan sumber daya manusia (SDM) dan peralatan kesehatan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Muhamad Bisri. “Jadi ada dua poin penting yang perlu dilakukan segera yakni penambahan jumlah tenaga kesehatan dan peralatan kesehatan yang cenderung dibutuhkan pasien,” kata Bisri, dikutip dari Antara, Kamis (4/8/2022).

Dia mengatakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa, yang berada di pusat Pemerintahan Anambas perlu mendapat perhatian serius. Dokter spesialis seperti anak, penyakit dalam, syaraf, dan kandungan dibutuhkan.

BACA JUGA :  Proyeksi APBD 2023 Kota Tanjungpinang Naik Rp 79 Miliar

Selain itu, lanjut Bisri, tenaga kesehatan untuk pemasangan infus juga perlu ditambah. “Penambahan tenaga kesehatan dan dokter spesialis harus diiringi dengan peningkatan peralatan medis,” ujar Bisri, yang sejak beberapa hari lalu berada di Tarempa, Anambas.

Kemudian, kata Bisri l, kapasitas Rumah Sakit Tarempa perlu ditingkatkan sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat berjalan optimal.

Selain itu, pihak rumah sakit juga harus membangun kerja sama dengan rumah sakit lainnya di Batam, Tanjungpinang, dan Jakarta sehingga tidak kesulitan untuk merujuk pasien yang tidak dapat ditangani.

BACA JUGA :  Disperindag Batam Ganti Kartu Kendali BBM Solar dengan Fuel Card 3.0, Berlaku Mulai Bulan Depan

“Kami sudah memberikan pengarahan. Kami berharap Rumah Sakit Tarempa dapat ditingkatkan segera dari Tipe D menjadi Tipe C,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan pihak rumah sakit tersebut untuk membenahi alur pelayanan kesehatan sehingga pesien dapat ditangani secara maksimal. “Alur pelayanan kesehatan dari awal harus jelas sehingga tergambar pola penanganan kesehatan,” tuturnya.

Selama ini, menurut dia, Pemerintah Kepri kerap membantu Rumah Sakit Tarempa dalam meningkatkan pelayanan, seperti penyediaan peralatan kesehatan. “Kami mengirim peralatan kesehatan yang dibutuhkan. Tentu itu disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan kami,” katanya.

(*)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid