Hubungi kami di

Berita

Pesawat N219, Produk PT. DI Untuk Buka Wilayah Terpencil

iqbal fadillah

Terbit

|

SEBENTAR lagi kita bakal punya pesawat asli dalam negeri yang diproduksi sendiri dengan desain hasil karya anak negeri. Nama pesawatnya N219.

Menurut Ditektur Utama PT. Dirgantara Indonesia (PT. DI), Desain pesawat terbang jenis “fixed wing” yang tengah dikembangkan, N219, memang sepenuhnya dikerjakan oleh para ahli Indonesia.

“N219 seratus persen didesain sendiri, dan produksinya terutama untuk kebutuhan dalam negeri,” ujarnya seperti dilansir dari laman Antara di Bandung, Selasa (18/10).

Selain dirancang oleh para ahli dari Tanah Air, katanya, kandungan lokal N219 dari sisi nilai barang sebesar 40 hingga 60 persen.

“Satu-satunya saingan N219 adalah Twin Otter buatan Kanada yang merupakan pesawat era 1960-an. Nantinya N219 menjadi moda transportasi udara yang sangat sesuai untuk membuka wilayah-wilayah terpencil sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus menjaga pertahanan dan keamanan nasional,” katanya lagi.

BACA JUGA :  KTP Elektronik Kamu Rusak? Datangi Instansi Ini Untuk Penggantian

Pesawat N219 akan disertifikasi di dalam negeri oleh Kementerian Perhubungan dan Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA).

Saat ini, PT. DI memfokuskan produksi pesawat berbadan kecil dengan jumlah kursi paling banyak 50 buah serta dilengkapi teknologi STOL (Short Take-Off and Landing) atau mampu tinggal landas dan mendarat di landasan pendek (800 meter) serta berpermukaan kasar guna mendukung kegiatan penerbangan di wilayah terpencil.

“N219 mempunyai 19 kursi penumpang dengan teknologi yang di-up grade (ditingkatkan), dari sisi aerodinamik dan avionik,” ungkap Budi.

Dia berharap, produk pesawat terbang PTDI yang “ramah wilayah pedalaman” bisa menghubungkan masyarakat yang mendiami daerah terpencil dengan mereka yang tinggal di tempat lainnya di Tanah Air sehingga dapat memperkuat persatuan bangsa. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook